Jadi Perhatian Dunia, Peristiwa Gempa Cianjur Disoroti Berbagai Media Asing

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Gempa berkekuatan 5,6 M yang melanda wilayah Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/22) lalu, banyak disoroti Media asing. Diantaranya adalah AFP, Associated Press (AP News), dan Straits Times.

Dalam salah satu artikel berjudul ‘Indonesia quake survivors appeal for supplies as rain hampers rescue’, AFP melaporkan penambahan jumlah korban meninggal, dan juga menyoroti bantuan dan penyelamatan yang terhambat, akibat curah hujan deras.

“Para penyintas gempa bumi di Indonesia yang menewaskan sedikitnya 271 orang, banyak dari mereka anak-anak, meminta makanan dan air pada Rabu (23/11/2022), karena hujan lebat dan gempa susulan, menghambat upaya penyelamatan di antara puing-puing desa yang hancur,” tulis media itu.

Senada,  AP News memberirakan, dikutip CNBC International, dengan artikle berjudul ‘Search effort intensifies after Indonesia quake killed 271’. Artikel itu, fokus memberitakan, pencarian korban oleh penyelamat dan relawan.

“Lebih banyak penyelamat dan sukarelawan, dikerahkan pada Rabu, di daerah yang hancur di pulau utama Indonesia, di Jawa Barat, untuk mencari korban tewas dan hilang, akibat gempa bumi yang menewaskan sedikitnya 271 orang,” sebut artikel ini.

“Dengan banyak orang hilang, beberapa daerah terpencil masih belum terjangkau, dan lebih dari 2.000 orang terluka, dalam gempa berkekuatan 5,6 M pada Senin, jumlah korban tewas kemungkinan akan bertambah. Puluhan Rumah Sakit di dekat pusat gempa, di pulau berpenduduk padat itu, sudah kewalahan, dan pasien yang dipasangi infus, berbaring di tandu dan dipa, di tenda yang didirikan di luar, menunggu perawatan lebih lanjut.”