Jelang Pilpres 2024, Megawati Ingatkan Kader PDIP : Tak ‘Dansa Politik’, Buat Siapa?

“Tidak perlu ikut dansa politik, karena kerja bersama di dalam mengatasi situasi yang memang penuh tantangan ini jauh lebih penting untuk menciptakan hal yang kondusif. Yang terpenting ekonomi rakyat ini yang terus dipacu,” tegasnya.

PDIP diketahui salah satu partai yang belum menentukan koalisi atau tidak dan belum menentukan capres dan cawapres mereka. PDIP satu-satunya partai yang dapat mengajukan pasangan capres-cawapres tanpa berkoalisi.

Salah satu kader PDIP yang juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, merupakan capres potensial karena salah satu tokoh nasional yang elektabilitasnya tiga teratas. Namun, Ganjar memiliki hubungan panas-dingin dengan PDIP.

Hasto Kristiyanto sempat bicara isu kurang harmonis antara Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Ganjar Pranowo. Hasto menepis kabar Puan dan Ganjar tak harmonis.

“Panas dingin kan nggak ada. Bahwa dalam suatu keluarga ada dinamika, jangankan di dalam DPP, ada dinamika. Kemudian itu suatu hal biasa,” kata Hasto di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (21/9).

Hasto menyebut saat ini pihak partainya hanya fokus untuk menjalankan tugas sesuai fungsi. Partai akan mengikuti arahan Megawati Soekarnoputri.

“Komandonya sangat jelas di tangan ibu Ketua Umum, Ibu Megawati Soekarnoputri. Dan saat ini semua kader lebih memilih bergerak ke bawah sampai Ibu Mega mengambil suatu keputusan,” ungkap Hasto.

Hasto mengatakan kader partai harus mengikuti arahan Megawati. Pihak yang melanggar arahan akan masuk dalam kategori pelanggar.

“Siapapun yang bergerak di luar arahan kebijakan Ketua Umum itu masuk kategori pelanggaran disiplin. Tetapi pelanggaran disiplin itu diselesaikan secara internal melalui Ketua bidang Kehormatan, melalui bidang Kehormatan partai. Itu mekanisme yg ada. Jadi clear,” tuturnya.

Komentar