Jenazah Pratu Firdaus Korban Penembakan di Papua Tiba di Rumah Duka

JurnalPatroliNews – Kebumen – Jenazah Pratu Firdaus Kurniawan Nugroho (24) tiba di kampung halamannya di Kebumen, Jawa Tengah. Isak tangis keluarga, kerabat dan teman pun pecah saat jenazah diturunkan dari mobil ambulans.

Pantauan detikcom, jenazah tiba di rumah duka di Gang Sindoro IV RT 005/ RW 005 Kelurahan Gombong, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen sekitar pukul 09.30 wib. Kedatangan jenazah langsung disambut isak tangis oleh keluarga, kerabat dan teman sejawat.

Setelah diturunkan dari ambulans, jenazah kemudian disemayamkan di rumah duka untuk disalatkan. Keluarga korban tak menyangka jika Pratu Firdaus Kurniawan Nugraha gugur dalam usia yang masih sangat muda saat bertugas.

“Ya kaget, pertama dengar kabar dari batalyon ada yang telpon ke saya kalau anak saya meninggal di Papua,” kata ayah korban, Suwarji (60) saat ditemui detikcomdi rumah duka.

Ibu korban Rusmini (52), meski mengaku iklas dan tabah, namun raut duka mendalam nampak jelas dari wajah sang ibu. Sebagai seorang ibu, Rusmini merasa janggal dan curiga lantaran Pratu Firdaus selama seminggu terakhir selalu kontak dengan keluarga padahal sebelumnya jarang menghubungi keluarga.

“Saya merasa curiga saja, kok selama seminggu ini tiap hari menghubungi keluarga terus, calling terus sampai 3 kali sehari. Setiap telepon intinya cuma bilang kalau di sana sudah enak, ayem, aman, ini lagi ngopi gitu. Biasanya jarang telepon,” ucap Rusmini.

Sementara itu, teman satu angkatan semasa pendidikan di Secata Gombong, Pratu Didik Gunawan (25) menuturkan bahwa almarhum merupakan sosok yang baik dan loyal kepada teman serta atasan. Sebelum pergi untuk selamanya, Pratu Firdaus sempat kontak dengan Didik dan berpesan menitipkan keluarganya.

“Orangnya baik banget lah, tidak neko-neko, sama teman, senior dan atasan loyal. Kemarin sebelum dengar kabar duka itu, 3 hari sebelumnya dia sempat bilang ke saya lewat telpon, ngomong kalau dia nitip keluarga gitu, terus saya marahi kok ngomong gitu, ternyata memang mau pergi beneran,” tutur Didik.

Seperti diwartakan sebelumnya, Pratu Firdaus gugur dalam kontak tembak antara aparat dan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Intan Jaya, Papua pada Jumat (6/11). Setelah tiba dan disemayamkan di rumah duka, jenazah Pratu Firdaus nantinya akan dimakamkan di pemakaman Kawo kelurahan setempat siang ini.

(dtk)

Komentar