Jokowi Ungkap Kekuatan Tersembunyi RI, Apa Itu..?

JurnalPatroliNews – Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengungkapkan rahasia besar yang selama ini tersimpan di Indonesia, yaitu kekuatan dari sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), yang harus dimaksimalkan.

Pada acara BRI Microfinance Forum 2024, Jokowi mengungkapkan bahwa UMKM saat ini telah menjadi kontributor utama sekitar 61% dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Tak hanya itu, sektor ini juga berhasil menyerap hingga 97% tenaga kerja di Indonesia.

“Inilah kekuatan-kekuatan usaha kecil yang tadi saya sampaikan di awal memberikan kontribusi terhadap PDB ekonomi kita 61%, penyerapan tenaga kerja 97% dari angkatan kerja yang kita miliki,” kata Jokowi dalam BRI Microfinance Forum 2024, dikutip Senin (11/3/24).

Menteri Keuangan Sri Mulyani juga turut menyoroti peran penting UMKM dalam perekonomian Indonesia. Dia mengungkapkan bahwa kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia jauh lebih besar dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya, bahkan negara-negara anggota G20.

“UMKM memberikan kontribusi terhadap PDB hingga 61%, ini jauh lebi tinggi dibandingkan negara ASEAN dan di selected G20,” ujar Sri Mulyani dalam acara yang sama.

Meskipun memuji langkah BRI dalam memberikan akses permodalan bagi UMKM, Sri Mulyani juga menyoroti bahwa porsi kredit perbankan yang diberikan kepada UMKM masih rendah, hanya sekitar 20%.

Komentar