Pimpinan UWM Silaturahim Dengan Ketua Yayasan Mataram Yogyakarta

JurnalPatroliNews – Jakarta – Para pimpinan Universitas Widya Mataram (UWM) bersilaturahim ke kediaman Ketua Yayasan Mataram Yogyakarta, Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD., S.H., S.U., M.I.P., pada Senin (11/3/24) pukul 11.00 WIB. Pertemuan ini menandai langkah penting dalam memperkuat sinergitas antara UWM dan Yayasan Mataram Yogyakarta dalam mendukung pendidikan yang berkualitas.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut para pemimpin UWM, antara lain Rektor UWM Prof. Dr. Edy Suandy Hamid, M.Ec., Wakil Rektor I Desy Ayu Krisna Murti, S.T., M.Sc., Wakil Rektor II Retno Kusumawiranti, S.Sos, M.P.A., dan Wakil Rektor III Dr. Roni Sulistyanto Luhukay, S.H., M.H. Tidak hanya itu, para dekan di lingkungan UWM juga turut serta dalam pertemuan ini, seperti Dekan Fakultas Hukum UWM Dr. Hartanto, S.E., S.H., M.Hum., Dekan Fakultas Ekonomi UWM Dr. Jumadi, S.E., M.M., Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UWM Dr. AS Martadani Noor, M.A., dan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UWM Eman Darmawan, S.TP., M.P.

Dalam kesempatan ini, Prof. Mahfud menyampaikan pentingnya menjadikan mahasiswa sebagai agen perubahan yang cerdas, terutama di era digital ini. Beliau menekankan bahwa dengan kemajuan media pembelajaran seperti literatur online dan e-book, mendidik mahasiswa menjadi lebih mudah.

Namun demikian, Prof. Mahfud juga menyoroti perlunya penguatan pembelajaran moral dan etika di UWM. Baginya, hukum yang tidak berlandaskan pada moral dapat mengancam integritas dan nilai-nilai pendidikan yang dijunjung tinggi. UWM diinstruksikan untuk memiliki standar moral yang jelas sehingga moral dan etika dapat menjadi pedoman bagi mahasiswa dalam menciptakan nilai-nilai local wisdom yang positif.

Prof. Mahfud menekankan, “Semua ilmu yang dipelajari harus mampu memperlihatkan nilai-nilai etika dan moral, bukan hanya fokus pada aspek hukum semata.” Hal ini dianggap sebagai landasan penting dalam mencetak generasi penerus yang memiliki integritas dan kesadaran moral yang kuat.

Selain membahas isu-isu kualitas pendidikan, pembahasan selanjutnya mengenai rencana pembangunan tahap kedua UWM. “Setelah urusan administrasi dan perizinan selesai, rencana tersebut segera dilaksanakan sebagai upaya peningkatan sarana pendidikan di UWM”, imbuhnya.

Prof. Mahfud juga memberikan apresiasi atas kesuksesan program Magister Hukum setelah wisuda pertama. Selanjutnya, beliau mendorong untuk segera membentuk program studi Magister Manajemen sebagai langkah untuk melengkapi kurikulum pendidikan di UWM sesuai dengan tuntutan zaman. Dengan kerja sama yang kuat antara UWM dan Yayasan Mataram Yogyakarta, diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap bersaing dalam dunia kerja global.

Komentar