Kabar Gembira!, Pemerintah Siap Suntikkan 30 Juta Vaksin Covid-19 Untuk 15 Juta Orang, Akhir Tahun

Jurnalpatrolinews – Jakarta : Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Erick Thohir mengungkapkan akhir 2020 pemerintah dapat menyuntikkan 30 juta dosis vaksin covid-19 kepada 15 juta orang.

Ia optimistis vaksin covid-19 hasil kerja sama dengan perusahaan China, Sinovac dapat rampung dan mulai digunakan sebanyak 20 juta vaksin pada akhir tahun.

Sementara, kerja sama Kimia Farma dengan G42 di Uni Emirat Arab (UAE) akan menghasilkan 10 juta dosis pada Desember 2020.

“Komitmen hari ini vaksin kumulatif dari dua kerja sama ini dapat 30 juta vaksin di tahun 2020, kalau satu orang butuh 2 dosis jadi 15 juta orang yang akan bisa divaksin akhir 2020, tentu kalau sesuai uji klinis berjalan baik,” katanya dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Kamis (27/8).

Erick menuturkan bahwa pemerintah telah menerbangkan tim khusus ke Saudi Arabia untuk meninjau langsung. Ia juga memastikan bahwa Ketua Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) telah menyatakan bahwa uji klinis yang dilakukan G24 sinkron dengan kebutuhan dalam negeri.

“Kepala BPOM ke sana untuk sinkronisasi, apa uji klinis ini bisa disamakan persepsinya, ada laporan BPOM kita bisa menerima uji klinis UAE,” lanjutnya.

Sementara, komitmen untuk 2021, pada kuartal pertama direncanakan dari G24 sebanyak 50 juta dosis vaksin sudah dapat diproduksi. Dari Sinovac, akan ada 250 juta dosis disiapkan sepanjang 2021.

“Alhamdulillah kita mendapatkan 2 kerja sama, prioritas juga vaksin merah putih berjalan. Sebagian besar infrastrukturnya dari perusahaan BUMN,” katanya. Meski melakukan kerja sama dengan luar, namun Erick menekankan bahwa vaksin merah putih masih menjadi prioritas pemerintah.(lk/*)

Komentar