Kerusuhan Di Swedia Di Tengah Aksi Pembakaran Alquran

Jurnalpatrolinews – Stockholm : Para pengunjuk rasa melemparkan batu ke arah polisi dan membakar ban di selatan Swedia pada Jumat malam (Sabtu di Malaysia), kata pihak berwenang, beberapa jam setelah seorang politisi Denmark anti-Muslim diblokir dari menghadiri demonstrasi pembakaran Alquran di dekatnya.

Sekitar 300 orang berada di jalan-jalan Malmo dengan kekerasan yang meningkat seiring berlalunya malam, menurut polisi dan media lokal.

Demonstrasi itu terkait dengan insiden pada hari sebelumnya di mana pengunjuk rasa membakar salinan kitab suci Islam tersebut, juru bicara polisi Rickard Lundqvist mengatakan kepada tabloid Swedia Expressen.

Rasmus Paludan, yang memimpin partai garis keras anti-imigrasi Denmark garis keras, akan melakukan perjalanan ke Malmo untuk berbicara di acara itu, yang diadakan pada hari yang sama dengan sholat mingguan untuk Sabat Muslim.

Tetapi pihak berwenang mencegah kedatangan Paludan dengan mengumumkan bahwa dia telah dilarang memasuki Swedia selama dua tahun. Dia kemudian ditangkap di dekat Malmo.

“Kami menduga dia akan melanggar hukum di Swedia,” kata Calle Persson, juru bicara polisi di Malmo kepada AFP.

“Ada juga risiko bahwa perilakunya … akan menjadi ancaman bagi masyarakat.”

Tetapi para pendukungnya melanjutkan rapat umum, dan tiga orang kemudian ditangkap karena menghasut kebencian rasial.

Paludan kemudian memasang pesan pedas di Facebook.

“Dikirim kembali dan dilarang dari Swedia selama dua tahun. Namun, pemerkosa dan pembunuh selalu diterima!” dia menulis.

Paludan tahun lalu menarik perhatian media karena membakar Alquran yang dibungkus dengan daging. (NST)

Komentar