Kominfo Ajak Masyarakat Sulut Bijak Berinteraksi di Media Sosial

JurnalPatroliNews – Manado, – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus melakukan upaya mengampanyekan Literasi Digital di wilayah Sulawesi, khususnya di Sulawesi Utara (Sulut).

Melalui program Makin Cakap Digital 2023, kali ini, pihak penyelenggara mengusung tema ‘Bijak Berinteraksi di Media Sosial’.

Kegiatan webinar ini akan berlangsung, Kamis (16/3/2023), menghadirkan narasumber Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulawesi Utara Clay Dondokambey, Dosen IPDN Manado Piet Hein Pusung yang juga pegiat Literasi Digital, dan Dian Ikha Pramayanti, dosen Writerprenuer dan Enterprenuer di STAIN Al Muhajirin Purwakarta.

Kegiatan ini gratis. Para peserta yang hadir, wajib melakukan registrasi dengan cara mengklik link pendaftaran ini.

Semua peserta akan mendapatkan E-Sertifikat juga hadiah menarik dari pihak penyelenggara setelah mengikuti kegiatan.

Piet Hein Pusung, salah satu pembicara dalam kegiatan ini mengatakan, para pengguna media sosial di Sulut rerata didominasi usia 18 hingga 25 tahun.

“Lebih banyak di antara mereka memposting konten daily activity. Ini yang menurut kami, dengan mengikuti kegiatan Literasi Digital, bisa kita bantu untuk menemukan apa yang mereka butuhkan dalam bermedia sosial,” kata Piet dalam rilis, Rabu, (15/3/2023).

Sebagai kurator di salah satu akun instagram popular di Manado, Piet mengaku menemukan banyak talent content creator yang bisa ditingkatkan kapasitas dan kemampuannya sehingga bisa terkenal hingga ke level nasional.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan oleh Kominfo ini, akan banyak lagi masyarakat, terutama pengguna media sosial di Sulut, teredukasi, bisa mendapat dan memberi manfaat atas apa yang mereka lakukan di media sosial.

Piet sendiri dalam kegiatan webinar ini, akan membahas soal Budaya Digital dalam bermedia sosial.

Menurutnya, banyak pelanggaran yang tidak disadari oleh para pengguna media sosial dalam interaksi mereka di dunia maya.

“Fenomena Cyber Bullying, Body Shaming dan penghinaan lainnya, masih banyak kita temui,” kata Piet.

Ia berharap, dengan keikutsertaan warga Sulut dalam kegiatan webinar, akan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang apa saja pelanggaran-pelanggaran etik dalam bermedia sosial, dan bisa meningkatkan pengetahun untuk memproduksi konten-konten positif yang bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Kegiatan akan dipandu Anastasya Lensus, selaku moderator.

Calon peserta cukup meng-klik link dan akan terhubung dengan form registrasi untuk mendapatkan token beserta link zoom yang akan menghubungkan mereka dengan ruang seminar.

Khusus bagi mereka yang baru dalam mengikuti kegiatan seperti ini, tentu akan menjadi pengalaman berkesan bagaimana belajar, menambah pengetahuan tentang Literasi Digital.

Pada 2023 ini, Kominfo memfokuskan kegiatan Literasi Digital di wilayah Sulawesi dan sekitarnya.

Sejak Februari tahun ini, pihak penyelenggara telah melaksanakan sedikitnya empat kegiatan serupa dan memfokuskan kegiatan di beberapa kabupaten di Sulawesi Utara.

Setelah dirasa cukup, pihak penyelenggara akan menyasar masyarakat di sejumlah provinsi di wilayah Sulawesi dalam rangka membangun pemahaman dan meningkatkan keterampilan Literasi Digital.

Untuk diketahui, sejak tahun 2021, Kominfo telah melaksanakan kegiatan Literasi Digital kepada 14.641.097 orang. Pada tahun 2022 juga menargetkan 5.500.000 orang.

Kominfo menargetkan kegiatan ini bisa menyasar 50 juta orang penduduk Indonesia pada tahun 2024.

Karena itu, dibutuhkan penyelenggaraan Kegiatan literasi digital yang massif di seluruh wilayah Indonesia.

Kegiatan ini bertujuan untuk membangun wawasan dan pengetahuan terkait Literasi Digital dalam bentuk Seminar dan Diskusi secara online dengan target penduduk di wilayah tersebut, khususnya di segmen Komunitas.

Komentar