KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak Terima Kunjungan Mgr. Ignatius Kardinal Suharyo

JurnalPatroliNews – Jakarta,- KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menerima kunjungan Mgr. Ignatius Kardinal Suharyo selaku Uskup Umat Katolik di lingkungan TNI dan Polri (Ordinariatus Castrensis Indonesia/OCI). Kunjungan Uskup ke Mabesad, Jakarta didampingi Romo Yos Bintoro, Pr (Kolonel TNI AU) selaku Wakil Uskup, Letjen TNI Pur Yogo Triyono, dan Brigjen TNI Pur Yohanes Wahyu, Selasa (2/4).

Dalam kesempatan itu disampaikan beberapa hal terkait kebutuhan umat Katolik di lingkungan TNI AD dengan kehadiran rohaniwan Katolik (rohkat) berkualifikasi Pastor dan Katekis.

Sejak tahun 2012 sampai dengan saat ini, Pembinaan Rohkat berkualifikasi Pastor malah belum tersedia di lingkungan TNI AD. Hal tersebut dikarenakan saat rekrutmen Pa PK usia Para Pastor di atas persyaratan masuk dan gelar para Pastor Sarjana Filsafat (S.Fil.) yang belum terakomodir dalam nomenklatur rekruitmen Pa PK.

Organisasi Keuskupan Militer di Indonesia telah ditunjuk oleh Tahta Suci Vatikan sejak 1949 dan diterima Pemerintah RI. Saat itu, Sri Sultan HB IX selaku Menhan Angkatan Perang RI membentuk Unit Rawat Rohani untuk agama-agama dalam APRI (Nov 1949), Imbuh Bapak Uskup.

KSAD didampingi Aspers, Asrena, Kadisbintalad dan Kasubdisbintalrohkat mendukung penyiapan para rohaniwan Pastor dalam rekrutmen Pa PK tahun ini.

“Pembinaan Mental Rohani Katolik bagian dari Pembinaan Mental memang dibutuhkan dengan penyiapan alokasi penerimaan Pa PK dari sumber rohaniwan Katolik berkualifikasi Pastor maupun Katekis. Kami akan siapkan,” kata KSAD.

Komentar