Mampu Tentukan Jenis Covid-19, Study Baru: Temukan Alat Deteksi Mutasi Genetik Varian Covid-19

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Alat uji yang bisa mengidentifikasi mutasi genetik varian Covid-19 secara akurat ditemukan dalam sebuah studi terbaru dan diterbitkan di Journal of American Chemical Society.

Alat uji itu menggunakan analitik asam nukleat virus yang dikodekan RNA dan disebut Revealr SARS-CoV-2.

Disebutkan pula, alat itu bisa menentukan Alpha, Gamma, Delta, Epsilon, dan Omicron lewat sampel klinis nasofaring.

Dalam Journal of American Chemical Society itu dijelaskan desain dan validasi sistem genotipe Revealr SARS-CoV-2.

Penulis korespondensi sekaligus profesor ilmu farmasi di University of California, John Chaput mengatakan, pandemi Covid-19 telah menciptakan kebutuhan mendesak akan alat diagnostik individual yang dapat mengenali keberadaan virus serta jenis tertentu.

Dia berharap alat uji ini bisa memungkinkan penyedia layanan kesehatan untuk membuat keputusan perawatan yang dipersonalisasi untuk perawatan pasien yang lebih baik.

“Mengidentifikasi dan memilah pasien yang terinfeksi dengan varian yang meningkatkan penularan virus dan mengurangi perlindungan vaksin sangat penting untuk mengendalikan penyebaran penyakit,” ungkap Chaput seperti dilansir dari Futurity, Jumat (12/8).

Tim menganalisis 34 sampel klinis yang dikumpulkan pada awal, pertengahan, dan akhir 2021 di UCI Medical Center dari pasien yang mengalami gejala Covid-19.

RNA diisolasi dari usapan nasofaring, dan varian SARS-CoV-2 yang benar diidentifikasi dalam setiap kasus.

“Meskipun Revealr dikembangkan sebagai uji deteksi Covid, langkah selanjutnya adalah memperluas ke infeksi saluran pernapasan lain yang memiliki gejala yang sama dengan Covid-19, seperti influenza,” kata Chaput.

Komentar