Kenaikan Tarif Ojol Bisa Picu Kenaikan Inflasi, Ini Kata Ekonom!

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Naiknya tarif ojek daring atau ojek online (ojol) dinilai dapat meningkatkan laju inflasi nasional.

Ekonom Institute for Development of Economic and Finance (Indef) Nailul Huda mengatakan, hal itu lantaran biaya transportasi yang kemungkinan meningkat bisa menyebabkan inflasi secara umum.

“Inflasi transportasi per Juli 2022 sudah cukup tinggi, di mana secara year on year sudah di level 6,65 persen, tertinggi kedua setelah makanan, minuman, dan tembakau,” ungkap Nailul dalam keterangan di Jakarta, Jumat (12/8).

Selain itu, kenaikan tarif ojol juga akan mendorong masyarakat pindah ke moda transportasi lain atau bahkan kendaraan pribadi.

“Jika menggunakan kendaraan pribadi akan menambah kemacetan dan kerugian ekonomi akan bertambah,” ujar Nailul.

Transportasi daring, kata Nailul, termasuk ojol adalah multisided-market di mana ada banyak jenis konsumen yang dilayani oleh sebuah platform.

Lantaran itu, seharusnya yang dilihat bukan hanya dari sisi mitra driver saja, tetapi dari sisi konsumen atau penumpang.

Menurutnya, sesuai hukum ekonomi, dari sisi konsumen penumpang akan ada penurunan permintaan.

“Sudah pasti mitra driver yang akan rugi karena secara total pendapatan akan menurun. Maka, hal ini kontradiktif dengan kesejahteraan mitra driver yang ingin dicapai dengan adanya perubahan tarif ini,” ujar Nailul.

Tidak hanya sampai di situ, kenaikan biaya transportasi juga bisa mendatangkan efek berganda lain, yaitu membebani usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), misalnya industri makanan-minuman di skala UMKM yang bisa menaikkan harga. 

Pasalnya, penggunaan transportasi ojol sudah menjadi moda transportasi sehari-hari yang banyak digunakan untuk berbagai aktivitas masyarakat, baik pribadi maupun usaha.

Kenaikan biaya hidup tersebut dinilai ujung-ujungnya dapat menurunkan daya beli masyarakat. 

Terlebih, rata-rata kenaikan upah minimum nasional pada 2022 hanya berkisar di angka 1,09 persen, tidak dapat menutup potensi kenaikan inflasi.

Komentar