Menteri AHY Ajukan Tambahan Anggaran Rp 675 Miliar Ke Sri Mulyani, Untuk Apa?

JurnalPatroliNews – Jakarta – Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN), telah mengajukan permohonan tambahan anggaran kepada Menteri Keuangan, Sri Mulyani. AHY mengumumkan bahwa permintaan tambahan anggaran untuk tahun 2024 mencapai jumlah sebesar Rp 675,87 miliar.

Dalam rangka meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak, kami juga telah berkoordinasi dengan Menteri Keuangan agar Kementerian ATR/BPN mendapatkan tambahan anggaran sebesar Rp 675,87 miliar,” ucap AHY dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR RI, Senin (25/3/2024).

AHY menegaskan bahwa kementeriannya akan terus berfokus dan berupaya secara maksimal untuk mencapai target yang telah ditetapkan bagi Kementerian ATR/BPN. Namun, menurutnya, alokasi anggaran yang telah dialokasikan untuk Kementerian ATR/BPN pada tahun 2024 sebesar Rp 7,589 triliun masih belum mencukupi.

“Alokasi anggaran di 2024 tidak cukup untuk mencapai target itu,” ujar dia.

AHY menjelaskan bahwa karena alasan tersebut, ia meminta tambahan anggaran kepada Sri Mulyani. Tambahan anggaran tersebut rencananya akan diperoleh dari Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) tahun 2023.

Dijelaskannya bahwa dana tambahan tersebut akan dialokasikan sebesar Rp 350 miliar untuk Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Selain itu, sebesar Rp 100,4 miliar akan dialokasikan untuk Rencana Detail Tata Ruang (RDTR), dan sekitar Rp 225,46 miliar akan digunakan untuk program persiapan 104 kabupaten dan kota yang lengkap serta transformasi digital.

Sebelumnya, AHY telah mengunjungi Sri Mulyani di kantornya pada Jumat (15/3/2024). Dalam kunjungan tersebut, AHY memohon bantuan dari bendahara negara terkait beberapa program di Kementerian ATR/BPN.

“Kami berkoordinasi dan memohon dukungan agar bisa mencapai target yang sudah ditetapkan untuk 2024 ini,” ungkap AHY kala itu.

Komentar