Pangkat Komandan Korps Marinir Naik Jadi Bintang 3, Panglima: Itu Bagian Dari Reorganisasi Di Tubuh TNI!

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Jenderal Agus Subiyanto, Panglima TNI, berencana menurunkan pangkat Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, yang semula dijabat Jenderal bintang 3 menjadi bintang 2.

Agus mengungkapkan, hal yang akan dilakukan tersebut, merupakan bagian dari Reformasi Birokrasi yang sedang dilakukan di tubuh TNI.

“Kami melakukan evaluasi setiap 2 tahun tentang kinerja yang dilakukan satuan-satuan tersebut, jadi kami mengambil kebijakan menaikkan atau menurunkan pangkatnya,” ungkap Agus di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kamis (11/1/24).

Panglima TNI mengaku, selain Kepala RSPAD yang akan diturunkan pangkatnya, Jabatan Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Darat (Dan Puspomad), turut diturunkan dari Jenderal bintang 3 menjadi bintang 2.

Sementara itu, Agus menyebut, ada pula Jabatan yang dinaikkan pangkatnya. Contohnya Komandan Korps Marinir, yang semula dijabat oleh Jenderal bintang 2, akan dinaikan menjadi bintang 3.

“Contoh Marinir, dari bintang 2 menjadi bintang 3,” ucap Agus.

Sebelumnya, Panglima TNI menemui Abdullah Azwar Anas, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), untuk membahas usulan kenaikan Tukin para Prajurit TNI.

Ia menjelaskan, peningkatan skor RB itu, akan berimbas pada kesejahteraan prajurit, yaitu tingkat tunjangan kinerja (tukin). Saat ini, tambah Agus, skor Reformasi Birokrasi TNI ada di angka sekitar 70%.

Ia menilai, apabila skor tersebut bisa dinaikkan, maka tukin yang berhak didapatkan oleh para personal TNI akan meningkat menjadi 80%.

“Seperti yang disampaikan Pak Menteri (PANRB), kita harapkan tukin TNI ada kenaikan dari 70% menjadi 80%,” tandasnya.

Komentar