Panglima TNI Yakin: Masalah Papua Bisa Kita Hadapi Dengan Lebih Natural

JurnalPatroliNews – Jakarta – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyebut penyelesaian permasalahan keamanan di Papua dan Papua Barat akan dihadapi selamanya. Menurutnya, perlu strategi jangka panjang dan berkelanjutan untuk menghadapi permasalahan tersebut.

“Untuk Papua dan Papua Barat seperti halnya yang saya sampaikan pada fit and proper test. Masalah ini adalah masalah yang menurut saya akan kita hadapi selamanya. Dalam arti sesuatu yang memang berhubungan dengan pikiran yang dinamis dan ini harus dihadapi dengan strategi yang lebih sustainable atau jangka panjang,” kata Jenderal Andika, kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/1/2022).

Andika menjelaskan tak mungkin bisa menyeragamkan pemikiran masyarakat. Lantas, dia menilai persoalan itu perlu dihadapi dengan menggunakan sistem hukum yang berlaku.

“Karena memang mengubah untuk menyeragamkan pikiran orang merupakan sesuatu yang hampir tidak mungkin. Jadi sama kayak di provinsi lain di Jakarta juga ada yang ingin a, b, c, d. Jangankan yang besar, ya yang kecil pun juga berbeda. Menurut saya adalah sesuatu yang manusiawi,” ucap mantan KSAD itu.

Komentar