Pertemuan Jokowi-PM Lee Dengan Prabowo & PM Singapura Baru

JurnalPatroliNews – Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kerja dengan agenda Leaders Retreat Perdana Menteri (PM) Lee Hsien Loong di Istana Bogor, Senin (29/4/24). Terekam kejadian menarik dalam pertemuan itu dimana masing – masing kepala negara terlihat membawa suksesornya untuk berbincang sejenak.

Saat PM Lee menandatangani buku tamu, Jokowi muncul bersama calon presiden terpilih, Prabowo Subianto, sementara PM Lee ditemani oleh calon penggantinya, Wakil Perdana Menteri Lawrence Wong. Mereka berbincang dengan serius, saling bertatap mata sejenak sebelum melanjutkan pertemuan ke Ruang Oval Istana Bogor.

Ini merupakan tahun terakhir kepemimpinan kedua negara ini. Masa jabatan Jokowi akan berakhir pada 20 Oktober 2024, dan akan digantikan oleh Prabowo Subianto. Sedangkan Lee akan digantikan oleh Lawrence Wong sebagai PM Singapura pada 15 Mei 2024 mendatang.

Pertemuan ini merupakan yang ketujuh dan terakhir dalam rangkaian Leaders Retreat antara Jokowi dan PM Lee, demikian disampaikan dalam keterangan resmi dari laman Prime Minister of Singapore.

Agenda pertemuan meliputi peninjauan kerja sama bilateral serta beberapa perjanjian, seperti mengenai Flight Information Region (FIR) di wilayah Kepulauan Riau dan Natuna, Perjanjian Ekstradisi 2022, Pakta Kerja Sama Pertahanan 2007, Perjanjian 2014 tentang Penetapan Batas Laut Teritorial di Bagian Timur Selat Singapura pada September 2017, hingga kerja sama investasi dan perdagangan.

Delegasi dari Indonesia termasuk beberapa menteri seperti Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan lainnya. Sedangkan dari Singapura, hadir Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan Lawrence Wong, Menteri Senior dan Menteri Koordinator Keamanan Nasional Teo Chee Hean, dan lainnya.

Komentar