Prediksi AP II: Hampir 1 Juta Penumpang Akan Padati Bandara Selama Libur Panjang!

JurnalPatroliNews – Jakarta – PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II telah memprediksi bahwa jumlah penumpang pesawat diprediksi mencapai 943.747 orang selama libur panjang peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan Tahun Baru Imlek 2024 yang berlangsung dari tanggal 8 hingga 11 Februari.

Deni Krisnowibowo, SVP of Corporate Secretary AP II, menyatakan bahwa, “Pada long weekend 8-11 Februari 2024, kami memperkirakan pergerakan penumpang rute domestik dan internasional di 20 bandara yang dikelola AP II secara kumulatif mencapai 943.747 penumpang atau rata-rata sekitar 236.000 penumpang/hari.”

Jumlah ini menunjukkan peningkatan sekitar 7-10 persen dibandingkan dengan hari biasa.

AP II akan memastikan fasilitas dan layanan bagi penumpang pesawat di 20 bandara yang mereka kelola telah siap digunakan selama libur panjang tersebut.

Koordinasi erat antara AP II, maskapai, AirNav Indonesia, dan ground handling telah dilakukan untuk memastikan kelancaran perjalanan udara masyarakat.

Seluruh bandara yang dikelola AP II telah dipastikan memiliki slot time penerbangan yang cukup untuk menampung lonjakan permintaan pada libur panjang tersebut.

“Tren pertumbuhan penerbangan terus meningkat pada tahun ini. AP II memastikan ketersediaan slot time penerbangan di 20 bandara untuk mengakomodir permintaan yang ada, termasuk pada long weekend 8-11 Februari 2024,” kata Deni, Kamis (8/2/24).

Pergerakan pesawat pada periode libur panjang tersebut diproyeksikan mencapai 7.071 penerbangan atau rata-rata 1.768 penerbangan per hari.

Executive General Manager di 20 bandara AP II telah diperintahkan untuk meningkatkan kesiagaan guna memastikan kelancaran penerbangan selama libur panjang.

“Bandara yang dikelola AP II memastikan kesiapan operasi, pelayanan serta keselamatan dan keamanan bandara. Termasuk juga memastikan kehandalan infrastruktur seperti runway, lalu sistem kelistrikan bandara, dan infrastruktur lainnya,” tegas Deni.

AP II bersama para pemangku kepentingan terkait juga memastikan ketersediaan moda transportasi publik di seluruh bandara untuk memudahkan akses bagi masyarakat.

Di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), AP II memperkirakan pergerakan penumpang selama libur panjang mencapai 605.899 penumpang dengan 4.191 penerbangan.

M. Kristi Endah Murni, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, telah memastikan konektivitas dan kapasitas kursi penerbangan di Bandara Soetta, termasuk melalui penerbangan tambahan di rute-rute favorit seperti Jakarta-Bali, Jakarta-Kualanamu, Jakarta-Pontianak, Jakarta-Pangkalpinang, dan Jakarta-Semarang.

Komentar