Presiden Jokowi Terima Gelar Kehormatan ‘Dada Ma Dopo Malomo’ dari Kesultanan Ternate

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dianugerahi Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Ternate, yaitu Dada Ma Dopo Malomo  oleh Kesultanan Ternate. Penyematan gelar diberikan langsung oleh Sultan Ternate ke-49 Hidayatullah Sjah di di Kedaton Sultan Ternate, Maluku Utara, Rabu, (28/9/2022).

“Pagi hari ini saya mendapatkan gelar dari Kesultanan Ternate, dari Sultan Hidayatullah Sjah, dengan gelar Dada Ma Dopo Malomo,” ujar Jokowi seusai menerima gelar adat tersebut

Kepala negara pun menyampaikan apresiasi kepada Kesultanan Ternate. Sebab telah menjaga serta merawat adat, tradisi, dan kearifan lokal.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang telah dikerjakan oleh Kesultanan Ternate menjaga, merawat adat, tradisi, kearifan lokal. Inilah yang sering saya sampaikan berkepribadian dalam berkebudayaan,” tambahnya.

Selanjutnya Presiden berpandangan bahwa adat, tradisi, dan kearifan lokal yang ada di seluruh nusantara sangat penting untuk dijaga. Itu semua adalah kekayaan yang menjadi kunci persatuan dan kesatuan bangsa.

Komentar