Rute Bengkulu – Jakarta, Dikabarkan Pesawat Lion Air Mendarat Darurat, Ini Kata Manajemen

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Pesawat Lion Air rute Bengkulu-Jakarta dikabarkan mendarat darurat di Palembang karena mengalami kerusakan teknis dan dipastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, Sabtu (10/6/2023). Manajemen Lion Air pun buka suara.

Dalam keterangan resmi Lion Air mengatakan pilot melakukan pengalihan pendaratan di bandar udara alternatif (divert) yaitu Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatra Selatan (PLM) setelah mendeteksi adanya salah satu indikator yang menunjukkan ada potensi (kemungkinan) di salah satu sistem pesawat yang harus dilakukan pengecekan di darat dengan segera.

“Keputusan pilot untuk mengalihkan pendaratan sangat tepat dan merupakan hasil dari pertimbangan yang matang. Keputusan tersebut diambil dengan tujuan utama menjaga keselamatan, keamanan dan kenyamanan penumpang,” jelas Manajemen Lion Air dalam keterangan resmi.

Pertimbangan pengalihan pendaratan di Palembang lebih diutamakan karena posisi pesawat saat di udara lebih dekat ke Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II dibandingkan jarak ke Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta atau bandar udara lain serta pekerjaan pengecekan secara teknis dapat ditangani secara cepat dan mudah.

“Pesawat tersebut mendarat dengan aman dan normal (tidak mendarat darurat) pukul 08.11 WIB di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II. Setelah pesawat berada pada area parkir secara sempurna, seluruh penumpang diarahkan menuju ruang tunggu di terminal bandar udara,” rinci Lion Air.

Komentar