Saat Sedang Berpidato Joe Biden Memangil Politikus yang Sudah Meningal! Ada Apa?

Memicu Pertanyaan
Momen aneh itu kemudian memicu pertanyaan dari media. Gedung Putih menyatakan Biden hanya sedang memikirkan Walorski pada saat itu.

“Biden mengakui pekerjaannya (Walorski-red) yang luar biasa,” ucap Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre dalam penjelasannya soal momen aneh itu.

Jean-Pierre juga menilai kebingungan Biden dipicu banyak faktor, mulai dari dia sedang memikirkan mendiang Walorski saat menghadiri konferensi dan juga memikirkan menjamu keluarga Walorski di Gedung Putih pada Jumat (30/9) waktu setempat.

“Dia (Walorski-red) sedang ada di pikiran (Biden),” sebutnya.

“Biden sedang memikirkannya (Walorski-red) saat dia menyebut namanya, dia memanggil jagoan Kongres dalam isu ini, dalam isu sangat kritis ini. Saya merasa banyak dari kita telah melewati momen tertentu seperti itu, Anda tahu, ketika seseorang ada di pikiran dan Anda memanggilnya,” jelas Jean-Pierre.

Namun, penjelasan itu tak cukup untuk meredam serangan terhadap pribadi Biden. Insiden ini turut memicu kritikan dari anggota parlemen AS dari Partai Republik.

“Benar-benar kesalahan yang buruk sekali dan memalukan,” sebut anggota DPR AS untuk wilayah Missouri, Vicky Hartzler, mengomentari insiden yang dialami Biden itu.

Ketua Partai Republik untuk negara bagian Indiana, Kyle Hupfer, menegaskan publik berhak mendapatkan jawaban soal mengapa Biden bisa melupakan kematian Walorski.

“Tidak ada dalih dari Gedung Putih yang bisa membenarkan Presiden Joe Biden melupakan kematian tragis Jackie Walorski — kesalahan terbaru yang menimbulkan begitu banyak pertanyaan,” ucap Hupfer.

“Rakyat Amerika berhak mendapatkan jawaban langsung, bukan poin pembicaraan politik, tentang bagaimana Presiden Amerika Serikat bisa melupakan bahwa seorang anggota Kongres yang coba dia beri penghormatan, telah meninggal dunia bulan lalu,” ujarnya.

Dia juga menyebut juru bicara Gedung Putih telah berbohong soal penyebab Biden terlihat lupa tentang kematian Walorski.

“Penjelasan juru bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre adalah kebohongan yang tidak menghormati konstituen Jackie dan rakyat Amerika. Kami pantas mendapatkan jawaban yang sebenarnya,” tegas Hupfer.

Insiden itu juga memenuhi penggambaran karakter yang dilakukan Partai Republik sejak lama. Mantan Presiden AS Donald Trump pernah mengejek Biden saat kampanye Pilpres 2020.

“Orang ini tidak tahu apa-apa. Dia tidak tahu di mana dia berada. Orang ini tidak tahu dia hidup,” ucap Trump mengejek Biden dalam kampanye pilpres 2020, seperti dilansir I.

Komentar