Skema Baru Pembatasan Beli Pertalite, Pertamina: Pentingnya Data Korlantas Polri Penting

JurnalPatroliNews – Jakarta,- PT Pertamina (Persero) berharap agar revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM) termasuk juga petunjuk teknis pembelian BBM bersubsidi dan penugasan segera terbit.

Dengan begitu, sistem pembelian BBM jenis Pertalite dan Solar melalui aplikasi MyPertamina bisa dijalankan.

Namun sembari menunggu revisi perpres tersebut terbit, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan pihaknya akan melakukan integrasi data dengan Korlantas Polri.

Terutama terkait data nomor polisi, pemilik, dan spesifikasi kendaraan.
Sebab saat ini, tercatat baru ada 2 juta kendaraan roda empat yang mendaftar di MyPertamina dari 33 juta kendaraan yang ada di Indonesia. Maka dari itu, data dari Korlantas menjadi penting bagi Pertamina.

“Kita kan tidak bisa menunggu ini sampai harus terdaftar semua padahal kita berharap revisi Perpres segera mungkin,” ujar Nicke dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VI, Kamis (8/9/2022).

Menurut Nicke dengan Pertamina bekerja sama dengan Korlantas, maka ketika nanti aturan revisi Perpres terbit, perusahaan migas pelat merah itu dapat siap menjalankan aturan yang saat ini masih dalam tahap pembahasan tersebut.

“Ketika regulasi keluar kita bisa langsung kunci berdasarkan data itu. Itu kami lakukan untuk mengakselerasi kesiapan sistem Pertamina dalam nanti menerapkan pembatasan ataupun subsidi tepat sasaran. Tentu harus sesuai dengan regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah,” kata dia.

Komentar