Soal Gibran Jadi Cawapres, Akhiranya! Jokowi Buka Suara, Begini Katanya

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara terkait putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka, yang hampir dipastikan menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Prabowo Subianto yang akan maju menjadi calon presiden (capres).

Pernyataan Jokowi terkait pencalonan Gibran sebagai wapres Prabowo itu disampaikan saat menghadiri apel Hari Santri 2023 di Surabaya, Minggu (22/10/2023).

“Tanyakan, tanyakan ke partai politik. Itu wilayahnya partai politik atau koalisi partai politik atau gabungan partai politik, bukan urusan presiden,” kata Jokowi saat ditanya oleh wartawan perihal tersebut, dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden.

Saat ditanya apakah Gibran sudah berbicara terkait pencalonan tersebut, Jokowi mengatakan sebagai orang tua ia hanya dapat mendoakan dan merestuinya.

“Ya orang tuanya tugasnya mendoakan dan merestui keputusan semuanya. Karena (anak) sudah sudah dewasa ini jangan terlalu mencampuri urusan yang sudah diputuskan oleh anak-anak kita,” katanya.

“Orang tua itu hanya mendoakan dan merestui.”

“Semuanya cocok. Pak Anies-Pak Muhaimin cocok, Pak Ganjar-Pak Mahfud cocok, Pak Prabowo juga cocok,” jawab Jokowi sambil tertawa saat ditanya terkait pasangan capres dan cawapres saat ini.

Indikasi Gibran menjadi cawapres Prabowo sebelumnya menjadi menguat setelah Mahkamah Konstitusi (MK) telah mengabulkan gugatan terkait syarat batas usia minimal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Kini orang yang berusia kurang dari 40 tahun boleh bertarung menuju RI 1 dan RI 2, asalkan dia pernah menjabat sebagai kepala daerah. Hal tersebut membuka pintu Gibran untuk maju sebagai calon Wakil Presiden.

Pencalonan Gibran pun makin diperkuat setelah Partai Golkar resmi mengusung anak sulung Jokowi tersebut sebagai bacawapres.

Gibran yang kini masih menjabat sebagai Wali Kota Solo pun disebut mendatangi sejumlah ketua partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung Prabowo sebagai presiden.

Komentar