Telkomsel Segera Layani Jaringan 5G, Ini Semua yang Perlu Anda Tahu

JurnalPatroliNews – Jakarta, PT Telkomsel, anak usaha BUMN PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) menjadi satu-satunya operator di Indonesia yang segera menggelar jaringan generasi kelima atau 5G di Indonesia dalam waktu dekat.

Ada enam lokasi di Jakarta dan sekitarnya untuk uji coba jaringan 5G yakni kawasan perumahan Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk (PIK), Bumi Serpong Damai (BSD), Widya Chandra, dan Alam Sutera.

Untuk mengetahui segala hal tentang 5G mulai teknologi 5G, cara kerja 5G, mengapa 5G penting, dan bagaimana hal itu mengubah cara dunia terhubung dan berkomunikasi, berikut ulasannya.

5G adalah jaringan seluler generasi ke-5 yang merupakan standar nirkabel global baru setelah jaringan 1G, 2G, 3G, dan 4G. 5G memungkinkan jenis jaringan baru yang dirancang untuk menghubungkan hampir semua orang secara bersama-sama termasuk mesin, objek, dan perangkat.

Teknologi nirkabel 5G dimaksudkan untuk memberikan kecepatan data lebih tinggi, latensi yang rendah, keandalan lebih naik, kapasitas jaringan masif, dan pengalaman pengguna yang lebih seragam kepada lebih banyak konsumen. “Performa yang lebih tinggi dan peningkatan efisiensi memberdayakan pengalaman pengguna baru dan menghubungkan industri baru,” demikian ditulis Qualcomm dikutip Beritasatu.com, Sabtu (22/5/2021).

Lalu apa perbedaan 5G dengan jaringan seluler generasi sebelumnya? Generasi pertama (1G) yang muncul di era 1980-an. 1G hanya menyampaikan suara analog. Semenara generasi kedua (2G) yang hadir di awal 1990-an memperkenalkan suara digital seperti Code Division Multiple Access (CDMA).

Adapun generasi ketiga (3G) yang ada di awal 2000-an menghadirkan data seluler misalnya CDMA2000. Sedangkan generasi keempat (4G) LTE 2010-an mengantarkan era broadband seluler. “1G, 2G, 3G, dan 4G semuanya mengarah ke 5G, yang dirancang untuk menyediakan lebih banyak konektivitas daripada sebelumnya,” demikian keterangan tersebut.

Ada beberapa alasan mengapa 5G lebih baik daripada 4G yakni lebih cepat, memiliki kapasitas lebih besar, memiliki latensi yang jauh lebih rendah, platform terpadu yang unggul dan menggunakan spektrum lebih baik dari 4G

5G adalah jaringan yang terpadu dan lebih mumpuni karena dirancang dengan kapasitas luas sehingga memungkinkan pengalaman pengguna generasi berikutnya, memberdayakan model penerapan baru, dan memberikan layanan baru.

Dengan kecepatan tinggi, keandalan yang unggul, dan latensi yang dapat diabaikan, 5G akan memperluas ekosistem seluler ke ranah baru. 5G akan memengaruhi setiap industri, membuat transportasi yang lebih aman, perawatan kesehatan jarak jauh, pertanian lebih presisi, hingga logistik yang lebih terdigitalisasi.

(bs)

Komentar