HeadlinePolitikPuspen TNI

Terjawab..! Inilah Sosok Pengganti Jenderal Andika Perkasa, DPR Akan Melakukan Fit And Proper Test 30 November Mendatang

Beno
×

Terjawab..! Inilah Sosok Pengganti Jenderal Andika Perkasa, DPR Akan Melakukan Fit And Proper Test 30 November Mendatang

Sebarkan artikel ini
Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin. (Dok. dpr.go.id)

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Komisi I DPR-RI, akan menggelar Fit And Proper Test, Laksamana Yudo Margono Kepala, Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), sebagai calon Panglima TNI, di Gedung Bundar, Rabu (30/11/22) mendatang. Yudo bakal menggantikan posisi Jenderal Andika Perkasa, yang akan pensiun pada Desember 2022.

“Rencananya Rabu kita akan uji kelayakan,” tutur TB Hasanuddin, Anggota Komisi I DPR RI, di Kompleks MPR/DPR Senayan, Jakarta, Senin (28/11/22).

JPN - advertising column


Example 300x600
JPN - advertising column

Ia menyatakan, hasil uji kelayakan itu, nantinya akan diserahkan ke pimpinan DPR. Kemudian, DPR akan menggelar Rapat Paripurna (Rapur), pada Kamis (1/12/22), sebagai persetujuan atau tidaknya, penunjukan Laksamana TNI Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI.

“Rapur selesai dan dikembalikan ke Presiden nama yang disepakati jadi Panglima,” ujarnya.

Ia menyebut, bakal ada lima isu, yang akan ditanyakan kepada Yudo, dalam uji kelayakan nantinya. Di antaranya, soal komitmen Netralitas TNI menghadapi tahun Politik, penekanan disiplin Prajurit, pendidikan dan pelatihan Prajurit, hingga lanjutkan rencana strategis Minimum Essential Force (MEF).

“Dan terakhir, Panglima TNI harus mampu tekankan kesejahteraan Prajurit. Kira-kira lima item itulah yang digali,” sebutnya.

Sementara itu, Pratikno, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), menyampaikan, Jokowi akan menyiapkan sosok, yang bakal mengisi jabatan calon KSAL, pengganti Laksamana TNI Yudo Margono.

“Tapi nanti, secepatnya. tentu saja pak Presiden sudah menyiapkan, saya rasa di beberapa calon,” tuturnya.

Namun, Pratikno tak merinci, siapa saja nama-nama calon KSAL yang disiapkan oleh Jokowi tersebut. Ia hanya mengatakan, pihaknya masih berfokus menunggu proses di DPR, terkait penunjukan Yudo sebagai Panglima TNI.

“Nanti, kami masih menunggu proses di DPR, untuk persetujuan terhadap usulan calon Panglima TNI,” lanjutnya.

Diketahui, Laksamana TNI Yudo Margono, KSAL, telah diajukan Jokowi sebagai calon Panglima TNI, menggantikan Jendral Andika Perkasa, yang akan memasuki usia pensiun pada 21 Desember 2022.

Penunjukan Laksamana TNI Yudo ini, diketahui lewat Surat Presiden (Surpres) usulan Panglima TNI baru, yang diserahkan Pemerintah kepada DPR pada hari ini, Senin. Apabila disetujui, Jokowi nantinya, bakal melantik Yudo sebagai Panglima TNI, di Istana Negara.

Penulis: EdhaEditor: Beno