Tingkatkan Daya Saing! Jokowi: Bandara IKN Bisa Dipakai Juni 2024!

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bandara Ibu Kota Nusantara di Kabupaten Penajam Paser, Kalimantan Utara sudah bisa beroperasi pada Juli 2024 mendatang. Sehingga bisa membuka konektivitas pada kawasan ini.

Hal ini diungkapkan Jokowi saat meresmikan peletakan batu pertama atau ground breaking Bandara Ibu Kota Nusantara, Rabu (1/11/2023).

Dalam kesempatan itu Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto.

Jokowi menjelaskan bandara ini ditargetkan beroperasi penuh pada Desember 2024, namun pada pertengahan tahun sudah bisa dipakai untuk mendukung kegiatan di IKN.

“Hari ini kita akan segera groundbreaking pembangunan bandara IKN yang ditargetkan operasi penuh di bulan Desember 2024, tetapi sudah bisa dipakai nanti pada Juni 2024,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Menurut Jokowi adanya bandara seluas 347 hektare ini bisa membuka konektivitas ke kawasan Ibu Kota Nusantara. Terlebih bisa melayani pesawat berbadan lebar, Karena memiliki runway atau landasan pacu 3.000 x 45 meter dan terminal seluas 7.350 meter.

“Saya yakin bandara IKN ini akan meningkatkan daya saing IKN, competitiveness, mendorong pertumbuhan ekonomi dan mendorong pengembangan potensi di daerah dan mengakselerasi pembangunan IKN yang sedang kita proses,” kata Jokowi.

Komentar