Tingkatkan Kewaspadaan! Jokowi Merinding Dibisiki Kabar Ini dari Bos IMF

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini membagikan kabar terbaru soal kondisi ekonomi global. Sayangnya, kabar yang dibagikan Presiden bukan kabar baik.

Mengutip data terbaru dari situasi global hasil pembicaraan dengan Managing Director dana moneter internasional (International Monetary Fund/IMF) Kristalina Georgieva, Jokowi mengatakan sebanyak 96 negara kini resmi menjadi pasien lembaga internasional tersebut.

“Saya bertanya kepada managing Director IMF terakhir berapa negara yang menjadi pasien IMF. 96 negara, hampir separuh negara di dunia ini jadi pasien IMF artinya tantangan dunia saat ini semakin tidak mudah,” ujar Jokowi Pada Pembukaan Mahasabha XIII KMHDI 2023, Palu, dikutip Sabtu (30/9/2023)
Lepas dari pandemi, banyak negara di dunia yang mengalami tekanan ekonomi akibat inflasi tinggi dipicu oleh permintaan yang meningkat seiring dengan mobilitas masyarakat.

Sementara itu, pasokan tidak mampu mencukupi kebutuhan tersebut.

Tak hanya inflasi, negara-negara di dunia mengalami kenaikan defisit fiskal dan dibebani oleh utang menggunung.

“Krisis ekonomi, bisa ngatasi pandemi tapi gak bisa ngatasi pandeminya. Krisis pangan, bisa ngatasi pandemi tapi pangan harganya dibanyak negara naik lebih dari 50% ada yang lebih dari 100%,” jelasnya.

Komentar