Update Info Soal Isu Reshuffle, Jokowi Tunjuk Menkes Baru, Terawan Diganti BGS?

JurnalPatroliNews – Jakarta, Isu perombakan kabinet (reshuffle) kembali menguat menjelang akhir tahun, setelah dua anggota kabinet Indonesia Maju tersandung masalah hukum.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin bahkan pada siang ini akan menggelar rapat empat mata pada siang ini. Sumber CNBC indonesia menyebut, reshuffle kemungkinan besar akan dieksekusi pada Rabu, 23 Desember 2020.

Reshuffle menjadi kebutuhan mendesak. Jokowi disebut telah melakukan evaluasi dalam beberapa bulan terakhir terhadap kinerja para menterinya, terutama dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Sumber tersebut mengatakan, ada sejumlah nama besar yang akan diganti dari posisinya saat ini. Salah satunya, adalah Terawan Agus Putranto yang menjabat sebagai Menteri Kesehatan.

Kinerja Terawan Agus Putranto memang kerap kali dipertanyakan oleh sejumlah pihak. Terawan bahkan sempat ‘menghilang’ karena tak pernah muncul di hadapan publik untuk menginformasikan perkembangan Covid-19.

Budi Gunadi Sadikin, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) disebutkan menjadi kandidat terkuat sebagai pengganti Terawan dalam memimpin Kementerian Kesehatan.

Kebetulan sejak Juli lalu, Budi yang juga menjabat sebagai Ketua Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) telah terlibat langsung dalam menangani pandemi Covid-19.

Mengenal Budi Gunadi Sadikin

Budi Gunadi Sadikin meraih gelar sarjana di Bidang Fisika Nuklir dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1988, Sertifikasi sebagai Chartered Financial Consultant (CHFC) dan Chartered Life Underwriter (CLU) dari Singapore Insurance Institute (2004).

Sebelum menjadi Wamen BUMN, ia ditunjuk sebagai Dirut Inalum. Perjalanan karier Budi cukup panjang. Laporan keuangan Inalum mencatat, Budi sebelumnya menjadi Staf Teknologi Informasi di IBM Asia Pasifik, Tokyo, Jepang (1988-1994), General Manager Electronic Banking – Chief GM Jakarta – Chief GM HR PT Bank Bali Tbk (1994-1999), dan Senior VP Consumer dan Commercial Banking ABN Amro Bank Indonesia & Malaysia (1999-2004).

Dia juga pernah menjabat Executive VP Consumer Banking PT Bank Danamon Tbk (2004-2006), Direktur of Micro and Retail Banking PT Bank Mandiri Tbk (2006-2013), Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk (2013-2016), Staf Khusus Menteri BUMN (2016-2017).

Pada 25 Oktober 2019, Budi Gunadi ditunjuk Jokowi sebagai Wamen BUMN. Pria kelahiran 1964 itu, sejak Juli 2020 menjabat sebagai Ketua Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) telah terlibat langsung dalam menangani pandemi Covid-19.

(*/lk)

Komentar