Waspada Erupsi! BNPB Imbau Warga Evakuasi Sekitar Gunung Ruang Dalam Radius 7 Km

JurnalPatroliNews – Sulut – Erupsi Gunung Ruang di wilayah Sulawesi Utara masih terjadi hingga Sabtu (4/5/24). Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau kepada masyarakat untuk meninggalkan wilayah sekitar.

Abdul Muhari, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, menjelaskan bahwa keadaan Gunung Ruang masih belum stabil hingga saat ini.

Dia membagikan rekaman singkat selama 56 detik yang memperlihatkan Gunung Ruang masih terus melemparkan awan panas, berdasarkan pemantauan dari udara oleh petugas setempat.

“Inilah kondisi Gunung Ruang per hari ini Sabtu (4/5) pukul 7.56 WITA diambil dari heli BNPB Indonesia dalam perjalanan dari Manado ke Tagulandang,” kata Muhari dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (4/5).

Muhari berharap agar situasi Gunung Ruang bisa segera pulih dan tidak menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat sekitar Manado, Sulawesi Utara.

“Semoga terus menurun aktifitas erupsinya agar aktifitas masyarakat bisa segera pulih,” ujarnya.

Kendati demikian, Muhari menegaskan kepada masyarakat untuk tetap menjaga jarak dari wilayah yang berpotensi terkena dampak erupsi Gunung Ruang.

“Tetap waspada, dan kosongkan area 7 km dari kawah,” tutupnya. 

Komentar