Airlangga Sebut OECD Akui Leadership RI di ASEAN dan G20

JurnalPatroliNews – Jakarta – Sikap kepemimpinan yang ditunjukkan Indonesia di ASEAN dan selama gelaran G20 telah diakui negara anggota Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD).

Prestasi ini terungkap saat Indonesia diundang untuk berbicara di Pertemuan Menteri OECD di Paris, Prancis, pada Jumat (3/5).

“Walaupun Indonesia berproses untuk menjadi anggota (OECD), namun mereka sudah melihat leadership Indonesia selama di G20 yang lalu, dan juga sebagai pemimpin ASEAN,” ucap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam keterangan, Sabtu (4/5).

Selain itu, Indonesia juga diakui sebagai negara yang maju dalam sektor digital. Di forum OECD, Indonesia diminta untuk berbagi pandangan terutama tentang digitalisasi.

“Indonesia sebagai penerobos sektor digital menjadi hal yang sangat tren di OECD, sehingga Indonesia diminta menyampaikan pengalamannya di berbagai isu tersebut,” tambah Airlangga.

Kehadiran Indonesia di forum OECD juga menarik minat negara-negara sahabat untuk menjalin pertemuan bilateral.

Menteri Luar Negeri Jepang, Yoko Kamikawa, mengapresiasi keanggotaan Indonesia di OECD sebagai yang pertama dari negara-negara Asia Tenggara.

“Ini pertama kali, karena ini merupakan sebuah organisasi multilateral yang lebih inklusif, dengan kehadiran Indonesia dan ASEAN,” tandas Airlangga.

Komentar