Wow! Endap Anggaran Besar Di Bank, Mendagri Panggil 10 Kepala Daerah

JurnalPatroliNews, Jakarta – Tito Karnavian, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) di akhir tahun 2021 menyoroti soal simpanan anggaran DKI Jakarta sebesar Rp12,9 triliun. Ahmad Riza, Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Patria pun memberi penjelasan.

Riza menyampaikan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memang belum terserap seluruh Anggaranya. Namun, ia berjanji pihaknya akan menuntaskan penyerapan Anggaran sebaik-baiknya.

“Prinsipnya kita akan berupaya semaksimal mungkin. DKI Jakarta insyaallah kita bisa capai 91 persen lebih penyerapan anggarannya,” jelas Riza, kepada wartawan di Pluit, Jakarta Utara, Minggu (26/12).

Ia mengakui DKI tidak akan mencapai 100 persen penyerapan anggaran karena pandemi. Namun, target serapan anggaran 91 persen lebih baik dari serapan tahun lalu di angka 86 persen.

“Perlu proses panjang yang teliti, kadang lelangnya harus diulang dan sebagainya, kadang sampai batal prosesnya, diulang lagi, dan sebagainya,” lanjutnya.

Diketahui, Mendagri sempat memanggil Sepuluh Pemerintah Daerah (Pemda) yang mempunyai endapan anggaran. Tito menanyakan kenapa anggaran triliunan rupiah masih disimpan di bank hingga akhir tahun.

Pemda itu antara lain adalah, DKI Jakarta (Rp12,953 triliun), Aceh (Rp4,426 triliun), Papua (Rp3,829 triliun), Jawa Timur (Rp2,751 triliun), Jawa Barat (Rp2,566 triliun), Kalimantan Timur (Rp2,070 triliun), Papua Barat (Rp1,947 triliun), Riau (Rp1,426 triliun), Sumatera Utara (Rp1,128 triliun), dan Jawa Tengah (Rp1,028 triliun).

“Mohon rekan-rekan Gubernur untuk segera melakukan Rakor Percepatan Belanja, kemudian juga klarifikasi simpanan dana Pemda di Kabupaten/Kota di Wilayah Provinsi,” pinta Tito dalam keterangan tertulis, Rabu (22/12).

Komentar