Babak Akhir Mario Dandy! ‘Berkat’ Ulah Anak Bapak Duduk Di kursi Pesakitan, Rafael Alun Mulai Diadili

Rafael Alun Baru Jalani Sidang Perdana, Didakwa Terima Gratifikasi Rp 16,6 M
Sementara Ayah Mario Dandy, Rafael Alun Trisambodo baru sekali menjalani sidang pada Rabu (30/8) lalu. Agenda sidang yaitu pembacaan dakwaan.

Jika ditarik ke belakang, Kasus Rafael Alun terungkap dan menjadi sorotan publik ‘berkat’ ulah anaknya. Setelah kasus Mario Dandy viral di media sosial, harta Rafael Alun mulai disorot.

Sejak itulah, kekayaan dengan nilai fantastis Eks Pejabat Eselon III itu mendapat sorotan tajam. Sampai-sampai, KPK turun tangan menelisik kebenarannya.

Rafael menjalani pemeriksaan pertama di KPK pada Rabu (1/3) silam. Kemudian, berkali-kalai Rafael dipanggil dan menjalani pemeriksaan di Komisi Antirasuah itu. Sampai akhirnya, KPK menetapkannya sebagai tersangka penerima gratifikasi pada Kamis (30/3/2023). KPK menduga Rafael Alun menerima gratifikasi selama 12 tahun sejak 2011.

Kini, Rafael didakwa menerima gratifikasi Rp 16,6 miliar. Jaksa mengatakan gratifikasi itu diterima Rafael Alun bersama istrinya, Ernie Meike Torondek, yang saat ini berstatus sebagai saksi di KPK.

“Telah melakukan atau turut serta melakukan beberapa perbuatan yang ada hubungannya sedemikian rupa sehingga harus dipandang sebagai perbuatan berlanjut, menerima gratifikasi, yaitu menerima uang seluruhnya berjumlah Rp 16.644.806.137 (Rp 16,6 miliar),” ujar jaksa di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (30/8).

Dalam sidang dakwaan, jaksa mengatakan Rafael Alun mendirikan perusahaan di mana Ernie menjabat komisaris sekaligus pemegang sahamnya. Perusahaan itu adalah PT Artha Mega Ekadhana (PT ARME), PT Cubes Consulting, dan PT Bukit Hijau Asri.

Duit gratifikasi, kata jaksa, diterima Rafael Alun lewat PT ARME dan PT Cubes Consulting serta dari PT Cahaya Kalbar dan PT Krisna Bali International Cargo.

Selain itu, jaksa mendakwa Rafael Alun melakukan TPPU bersama-sama Ernie. Total TPPU-nya mencapai Rp 100 miliar.

Tak hanya peran Ernie yang terungkap. Terungkap pula tas mewah KW dan sejumlah aset lain. Ada pula soal Rubicon Mario Dandy.

Komentar