Perkuat Sinergitas, Bea Cukai Sulbagtara Kunjungi BNNP Sulut Bahas Pengawasan Barang Ilegal

JurnalPatroliNewsManado – Kakanwil Bea Cukai Sulbagtara, Erwin Situmorang, mengunjungi Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Utara yang berlokasi di Jl.17 Agustus, Teling Atas, Kota Manado, Selasa (12/10/2021).

Kunjungan ini dalam rangka memperkuat kerjasama dengan aparat penegak hukum di daerah, Kepala Kantor Wilayah Bea dan Cukai Sulawesi Bagian Utara (Sulbagtara).

“Maksud dan tujuan kedatangan kami adalah untuk menjalin silaturahmi dan memperkuat sinergi antara Bea Cukai dengan BNNP Sulut,” kata Erwin Situmorang dalam rilis yang diterima jurnalpatrolinews.co.id.

Kunjungan ini juga merupakan ajang untuk memperkenalkan diri sebagai pejabat baru Kepala Kantor Wilayah Bea dan Cukai Sulawesi Bagian Utara.

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Sulut, Brigjen Pol Victor J. Lasut  menyambut langsung kunjungan dari Kakanwil Bea Cukai Sulbagtara.

Victo Lasut juga menyampaikan apresiasi atas kunjungan sebagai bentuk komunikasi antar institusi dan sangat mendukung upaya penegakan hukum oleh semua aparat penegak hukum di wilayah Sulawesi Utara, termasuk upaya-upaya penegakan hukum yang dilakukan oleh pihak Bea Cukai.

Kunjungan Kakanwil Bea Cukai Sulbagtara di BNNP Sulut.

Dalam pertemuan ini, Erwin Situmorang mengatakan bahwa dalam rangka penegakan hukum, Bea Cukai senantiasa berkoordinasi dengan BNNP guna melindungi masyarakat Indonesia dari perdagangan ilegal serta mengamankan penerimaan negara.

Dalam hal pengawasan terhadap barang illegal, Kerjasama Bea Cukai dengan BNNP Sulut telah mendapatkan hasil dengan banyaknya tangkapan narkoba di wilayah Sulawesi Utara.

Terakhir pada 07/09/2021 menangkap tersangka pengedar narkotika golongan 1 jenis tembakau gorilla, dengan tersangka inisial ZK alias Jul dan FS alias Isal, berat ±5,09 gram (bruto) dan ±4,7 gram (Netto) di Manado. Modus yang digunakan jual beli melalui Instagram.

“Diharapkan kunjungan ini dapat memperkuat sinergitas antara Bea Cukai dengan BNNP Sulut dan meningkatkan efektifitas pengawasan di wilayah Sulawesi Utara,” pungkas Erwin.

Turut serta dalam kunjungan tersebut antara lain Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Kantor Wilayah Bea dan Cukai, M.Anshar dan Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan, Antonius Dwi Wianto dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

(***/BennyManoppo)

Komentar