Tempat Pemotongan Ayam Ikut Digeladah, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Diduga Jadi Tersangka Korupsi Bansos Covid -19? Faktanya?

JurnalPatroliNews – Jabar,– Rumah dinas dan juga rumah pribadi termasuk keluarga Bupati Bandung Barat Aa Umbara, di datangi oleh petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Selasa 16 Maret 2021.

Hal tersebut terkait dugaan korupsi pengadaan barang tanggap darurat bencana Pandemi Covid-19 pada Dinas Sosial Pemda Kabupaten Bandung Barat Tahun 2020 ke tahap penyidikan.

Tersiar kabar, Bupati Bandung Barat Aa Umbara ditahan KPK, ada juga menyebut Bupati KBB ditangkap KPK karena Aa Umbara tersangka.

Namun hal tersebut dibantah oleh Ketua KPK Firli Bahuri. Menurut Firli Bahuri saat ini KPK belum melakukan upaya paksa.

Tapi masih mencari bukti bukti dalam pengusutan kasus ini.

Sehingga Bupati Bandung Barat Aa Umbara tersangka masih belum dilakukan KPK dan tentu saja Bupati KBB ditangkap KPK dan juga informasi Aa Umbara ditahan KPK belum terjadi.

Akan tetapi dengan adanya penggeledahan di rumah pribadi dan kantor dinas Bupati Bandung Barat Aa Umbara, besar dugaan orang nomor satu di Bandung Barat itu terlibat.

“KPK telah selesai melakukan Penyelidikan dan ditemukan adanya kecukupan alat bukti maka benar saat ini KPK telah menaikkan ke tahap Penyidikan kasus dugaan korupsi pengadaan barang tanggap darurat bencana Pandemi Covid 19 pada Dinas Sosial Pemda Kabupaten Bandung Barat Tahun 2020,” ujar juru bicara KPK Ali Fikri dalam siaran pers, Selasa, 16 Maret 2021.

Namun, Ali Fikri menyebutkan uraian lengkap dari kasus ini dan pihak-pihak yang ditetapkan sebagai tersangka belum dapat disampaikan kepada publik secara terbuka.

“Pengumuman tersangka akan disampaikan saat tim penyidik KPK setelah melakukan upaya paksa penangkapan atau penahanan para tsk telah dilakukan,” ucapnya.

Tim Penyidik KPK saat ini dan waktu ke depan masih menyelesaikannya tugasnya lebih dahulu.

KPK memastikan pada waktunya akan memberitahukan kepada masyarakat tentang konstruksi perkara, alat buktinya dan akan dijelaskan siapa yang telah di tetapkan sebagai tersangka beserta pasal sangkaannya.

Kendati demikian, KPK telah memeriksa rumah pribadi dan kantor dinas Bupati Bandung Barat. Bahkan rumah yang masih berada di lingkungan rumah pribadi, yang diduga pernah dihuni anak Aa Umbara, Andri Wibawa turut diperiksa.

Selain itu, KPK juga memeriksa tempat pemotongan ayam di Desa Jayagiri Kecamatan Lembang. Penggeledahan dilakukan seusai petugas KPK menggeledah rumah pribadi Aa Umbara di Jalan Murhadi, Lembang sekitar pukul 15.30 WIB.

Nama M. Totoh Gunawan, pemilik tempat pemotongan ayam itu ada di dalam surat yang mirip dengan pemberitahuan penyidikan yang tersebar di media sosial dan grup percakapan instan.

(*/Red dilansir)

Komentar