Amerika: ISIS Terus Tumbuh dan Iran adalah Sponsor Utama Terorisme Dunia

JurnalPatroliNews – Jakarta – Kasus-kasus terorisme di dunia kemungkinan tidak pernah berhenti. Semakin keras upaya pemusnahannya, semakin banyak kendala yang dihadapi.

Penjabat Wakil Koordinator Utama untuk Biro Kontraterorisme AS, Chris Landberg, menyoroti berkembangnya terorisme global ini, yang menurutnya dimotori berbagai kelompok.

Secara khusus, Lanberg dalam pemaparannya di hadapan anggota parlemen selama dengar pendapat subkomite tentang upaya kontraterorisme pada Rabu (16/11), menunjuk jarinya ke Iran, yang ia sebut sebagai sponsor utama terorisme di dunia.

“Iran adalah sponsor utama terorisme dunia, dan Washington mendesak lebih banyak pemerintah untuk menunjuk Hizbullah Lebanon sebagai organisasi teroris,” kata Landberg, seperti dikutip dari Al-Arabiya, Kamis (18/11).

Landberg juga mengatakan bahwa ISIS masih tumbuh dan tetap menjadi ancaman yang meluas ke Amerika Serikat.

“Kehadiran global ISIS terus tumbuh meskipun pembebasan total wilayah yang pernah dikuasainya di Irak dan Suriah,” kata Landberg

“Kelompok teroris tetap menjadi ancaman yang gigih dan meresap ke Amerika Serikat, sekutu, dan kepentingan di luar negeri. ISIS, (al-Qaeda), dan afiliasinya telah terbukti tangguh dan bertekad, terlepas dari kemajuan signifikan yang telah kami buat dalam menurunkan kemampuan mereka untuk secara langsung mengancam tanah air AS,” katanya.

Komentar