Anggota Parlemen Senior Luksemburg Mengancam Untuk Memveto Kesepakatan Brexit Yang Tidak Seimbang

Jurnalpatrolinews – London : Anggota Parlemen Luksemburg Christophe Hansen, yang duduk di komite perdagangan internasional Parlemen Eropa, telah memperingatkan Michel Barnier bahwa anggota parlemen senior siap untuk memblokir kesepakatan perdagangan Brexit jika tidak “cukup seimbang.”

Berbicara saat negosiasi Brexit berlanjut, Hansen berkata: “Jika ada kesepakatan, saya yakin itu akan cukup seimbang sehingga Parlemen Eropa dapat memberikan persetujuannya. Jika tidak, tidak akan ada kesepakatan. “

Rekan anggota parlemen Hansen dan ketua komite perdagangan internasional Bernd Lange menyuarakan keprihatinan tersebut. Dia memperingatkan bahwa kesepakatan perlu segera disampaikan kepada negara-negara anggota – atau berisiko membuat pengawasan dan proses ratifikasi “lelucon,” karena waktu terbatas yang tersisa sebelum periode transisi Brexit berakhir pada 31 Desember.

Pernyataan tersebut menunjukkan kekhawatiran di antara anggota parlemen atas kemungkinan bahwa Barnier akan membuat terlalu banyak konsesi untuk mencapai kesepakatan dengan Inggris, daripada membiarkan pembatasan perdagangan yang menantang diberlakukan di kedua belah pihak.

Negosiator untuk UE dan Inggris sudah berada di bawah tekanan untuk mengatasi hambatan yang tersisa dalam pembicaraan perdagangan yang sedang berlangsung dengan waktu yang cukup tersisa bagi Parlemen Eropa dan semua 27 negara anggota untuk meninjau dan menyetujui perjanjian apa pun sebelum batas waktu 31 Desember.

Michel Barnier telah mengadakan negosiasi online yang intens dengan negosiator utama Inggris Lord David Frost, karena kedua belah pihak untuk sementara tidak dapat bertemu langsung karena masalah virus corona.

Dalam upaya untuk mencapai kesepakatan, media Inggris telah melaporkan Perdana Menteri Boris Johnson dan Presiden Komisi Eropa Ursula Von der Leyen akan berbicara langsung minggu ini untuk mengatasi penyumbatan saat ini.

Kebuntuan terbesar tetap ada terkait masalah perikanan, dengan Hansen menyerukan agar ada kompromi untuk mengamankan kesepakatan yang disepakati bersama, sementara Downing Street telah menolak untuk mengalah pada prospek mengizinkan kapal UE melanjutkan akses ke perairannya.

Parlemen Eropa telah menetapkan batas waktu baru Selasa depan untuk memungkinkan hubungan baru secara resmi disetujui pada 28 Desember, tiga hari sebelum Inggris akan tersingkir dari Pasar Tunggal dan Serikat Pabean.

Komentar