AS Memperingatkan Turki Tentang “Konsekuensi Serius” Setelah Laporan Aktivasi S-400

  • Whatsapp

Jurnalpatrolinews – Washington : Amerika Serikat memperingatkan Turki pada hari Jumat terhadap setiap upaya untuk menguji sistem pertahanan rudal Rusia yang diperolehnya meskipun mendapat tentangan kuat dari NATO dan AS

Sementara itu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melanjutkan serangannya terhadap Eropa setelah UE mengatakan pihaknya menyesalkan “tindakan dan provokasi sepihak oleh Turki” di kawasan itu.

Bacaan Lainnya

Reuters melaporkan bahwa sebuah rudal ditembakkan di sepanjang pantai Laut Hitam Turki, di mana militer diharapkan untuk menguji sistem pertahanan S-400 buatan Rusia.

Video yang diambil di kota pesisir Sinop, menunjukkan kolom asap sempit menuju tinggi ke langit biru. Dalam beberapa hari terakhir, Turki telah mengeluarkan pemberitahuan yang membatasi ruang udara dan perairan di lepas pantai untuk memungkinkan uji tembak.

“Jika dikonfirmasi, kami akan mengutuk dalam istilah terkuat peluncuran rudal uji S-400 sebagai tidak sesuai dengan tanggung jawab Turki sebagai sekutu NATO dan mitra strategis Amerika Serikat,” kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri Morgan Ortagus dalam sebuah pernyataan.

Ortagus mengatakan AS mengetahui laporan tersebut dan Washington telah menyatakan kepada pemerintah Turki, “pada tingkat paling senior, bahwa akuisisi sistem militer Rusia seperti S-400 tidak dapat diterima .”

Dia menambahkan: “Amerika Serikat telah memperjelas harapan kami bahwa sistem S-400 tidak boleh dioperasikan. Kami juga telah menjelaskan tentang potensi konsekuensi serius bagi hubungan keamanan kami jika Turki mengaktifkan sistem. “

Pos terkait