AS Siap Mengerahkan Sistem Antipesawat Avenger di Suriah dan Irak

Jurnalpatrolinews – Beirut : Angkatan Darat AS dilaporkan sedang mempersiapkan penyebaran sistem rudal pertahanan udara jarak pendek AN / TWQ-1 Avenger di Suriah dan Irak untuk mempertahankan pangkalannya dari ancaman udara yang meningkat. 

Pada akhir Februari, serangkaian  foto yang konon menunjukkan Avengers  diangkut di jalan raya dari Irak ke Suriah muncul di media sosial dan dilaporkan di media lokal. Sistem tersebut berpotensi diangkut untuk membantu pasukan AS di wilayah Deir ez-Zor timur Suriah. 

Sistem rudal pertahanan udara AN / TWQ-1 Avenger menggunakan peluncur rudal FIM-92 Stinger untuk melindungi pangkalan militer dan infanteri dari pesawat terbang rendah, UAV, rudal jelajah, dan helikopter. 

Hingga awal tahun lalu, pangkalan AS di Irak tidak memiliki kemampuan sistem pertahanan udara yang dikerahkan, yang membuat mereka rentan terhadap serangan rudal. 

Ketika Iran menyerang dua pangkalan AS di wilayah tersebut dengan rudal balistik pada Januari 2020, dalam serangan balasan atas pembunuhan jenderal Iran Qassem Soleimani oleh AS dalam serangan pesawat tak berawak, Washington memutuskan untuk mengerahkan rudal MIM-104 Patriot ketinggian tinggi ke pangkalan-pangkalan ini bersama. sistem C-RAM (Counter-rocket, artileri, dan mortir) jarak pendek. 

Sistem pertahanan Avenger dapat memberikan pasukan darat di daerah itu dengan beberapa perlindungan yang sangat dibutuhkan terhadap ancaman udara serta meningkatkan pertahanan udara, yang terutama dirancang untuk melawan rudal balistik dan roket kecil, di Irak.  (***/. intinsdr)

Komentar