AU China Tantang AS: Jika Tak Takut, Ayo Bertemu di Langit!

JurnalPatroliNews, Beijing – Seorang pejabat senior Angkatan Udara (AU) China mengumbar tantangan terbuka terhadap Amerika Serikat (AS). Dia menantang pesawat-pesawat tempur Washington untuk menghadapi Beijing di langit.

Wakil Komandan Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLA-AF) Wang Wei mengatakan Amerika harus takut dengan kekuatan militer China yang semakin besar.

Tantangan terbuka dari Wang Wei merupakan tanggapan nyata terhadap janji Sekretaris Angkatan Udara AS Frank Kendall bulan lalu untuk mengembangkan senjata yang “menakut-nakuti” China.

Wang mengatakan justru China—yang menjadi semakin agresif di kawasan Indo-Pasifik—yang meluncurkan senjata yang menakutkan Amerika.

“Saya hanya bisa mengatakan, jika mereka tidak takut, mari kita bertemu di langit,” kata Wang pada airshow baru-baru ini di Zhuhai, seperti dikutip dari South China Morning Post, Kamis (30/9/2021).

Kebanggaan Wang meluas dari cabang militernya sendiri hingga Angkatan Laut China.

“Angkatan Laut China mampu dan percaya diri untuk memastikan keamanan nasional dan mempertahankan integritas, serta memberikan kontribusi bagi perdamaian dunia,” kata Wang.

“[Kendall] hanya sebagai rekan saya yang berasal dari negara besar,” ujarnya.

Apa yang dianggap China sebagai pertahanan integritas teritorial merupakan ancaman besar bagi keamanan pasukan AS dan sekutu Indo-Pasifik, terutama Taiwan.

Beijing menganggap pulau demokrasi itu sebagai wilayah China yang berdaulat, tetapi Amerika Serikat dan sekutunya melihatnya sebagai mata rantai strategis dalam rantai demokrasi yang membatasi kemampuan China untuk mengancam tetangganya.

“Saya telah terobsesi, jika Anda mau, dengan China untuk waktu yang cukup lama sekarang—dan modernisasi militernya, apa artinya bagi AS dan untuk keamanan,” kata Kendall bulan lalu dalam sebuah wawancara dengan Defense News.

“Mereka bergerak lebih cepat dari yang saya perkirakan. Jadi, kami memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan.”

AS dan sekutu Eropa-nya telah meningkatkan pengerahan pasukan Angkatan Laut mereka di kawasan Indo-Pasifik.

Kesepakatan penting untuk menyediakan teknologi kapal selam nuklir AS dan Inggris kepada Australia mencakup rencana yang lebih luas untuk memperluas kehadiran militer AS di Australia.

“Seringkali, Anda akan menjadi lebih cepat dengan hubungan bilateral, trilateral daripada yang Anda perlukan untuk mencoba mengarahkan aliansi yang sangat besar ke tempatnya,” kata Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace pada Rabu di forum Pusat Analisis Kebijakan Eropa.

“Saya pikir menjadi gesit memberi Anda keunggulan, dan oleh karena itu bergabung dengan negara-negara yang lebih gesit yang memiliki ancaman yang sama sebenarnya akan menjadi bagian dari masa depan.”

(sdn)

Komentar