Bacapres AS Ditangkap di Universitas Washington, Kenapa?

JurnalPatroliNews – AS – Bakal calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Hijau Jill Stein ditangkap pada Sabtu (27/4/24) dalam sebuah protes pro-Palestina Universitas Washington di St. Louis.

Stein bergabung dalam demonstrasi untuk mendukung mahasiswa yang mendirikan perkemahan sebagai bentuk protes, menegaskan bahwa mereka tidak akan meninggalkan lokasi hingga Washington University melepaskan investasinya dari Boeing, memboikot lembaga akademis Israel, serta menuntut hal lainnya.

Dalam rekaman video sebelum penangkapannya yang diunggah ke platform X, kandidat dari Partai Hijau ini menyatakan solidaritasnya dengan mahasiswa dan hak konstitusional mereka untuk menyuarakan pendapat.

“Kami akan berdiri di sini sejalan dengan para mahasiswa yang membela demokrasi, membela hak asasi manusia, dan menentang genosida,” kata Stein, dilansir CNN International.

David Schwab, direktur komunikasi Jill Stein untuk Presiden, mengungkapkan bahwa Stein berusaha menenangkan situasi antara demonstran dan polisi, tetapi upaya tersebut tidak direspons dan polisi mulai melakukan penangkapan tidak lama kemudian.

“Seperti yang dikatakan Dr. Stein, sangat memalukan jika pihak administrasi universitas membiarkan penggunaan kekerasan terhadap mahasiswa mereka sendiri yang hanya menyerukan perdamaian, hak asasi manusia, dan diakhirinya genosida yang dibenci oleh rakyat Amerika,” ujar Schwab.

Selain itu, manajer kampanye dan wakil manajer kampanye Stein juga ditangkap.

Komentar