Belanda Melarang Penerbangan Dari Inggris Hingga Tahun Depan Karena Jenis Covid-19 Baru, Mirip Dengan Varian Yang Menyebar Cepat di Inggris.

Jurnalpatrolinews – Amstredam : Pemerintah Belanda telah memberlakukan larangan penerbangan komersial dari Inggris ke Belanda setelah melaporkan kasus pertama dari jenis Covid-19 baru yang menyebar cepat. Larangan itu akan berlaku setidaknya hingga Januari.

Pembatasan perjalanan akan berlaku untuk semua penerbangan penumpang dari Inggris menuju Belanda mulai pukul 6:00 Minggu waktu setempat, kata pemerintah dalam sebuah pernyataan, yang dikeluarkan beberapa jam sebelum larangan itu diberlakukan.

Pemerintah menggambarkan pelarangan besar-besaran pada perjalanan udara untuk seluruh periode Natal sebagai “tindakan pencegahan”, yang diperlukan untuk  “membatasi” potensi pemaparan lebih lanjut dari populasi ke jenis virus baru, yang pertama kali terdeteksi di Inggris dan diduga sangat menular.

Mengutip data dari badan kesehatan setempat, yang merekomendasikan pelarangan, pemerintah Belanda mengungkapkan bahwa jenis virus tersebut, yang diyakini sama dengan yang mendorong penguncian terbaru PM Inggris Boris Johnson, terdeteksi di Belanda “pada awal Desember” sebagai bagian dari studi kasus.

Mengingat situasi di Inggris, pemerintah mengatakan akan “menyelidiki lebih lanjut” kasus tersebut untuk menentukan “bagaimana infeksi muncul” di tanah Belanda, dan apakah ada lebih banyak kasus, yang dipicu oleh strain mutan.

Meski hanya menangguhkan penerbangan penumpang untuk sementara waktu, Amsterdam tidak menutup kemungkinan bahwa larangan tersebut akan diperluas hingga mencakup juga alat transportasi lain.

Kabinet sedang memantau dengan cermat perkembangan terkait virus Covid-19 di luar negeri dan sedang menyelidiki kemungkinan tindakan tambahan untuk alat transportasi lain.

Pemerintah Belanda juga telah mengisyaratkan bahwa lebih banyak pembatasan pada pelancong Inggris dapat diberlakukan di tingkat UE untuk membendung penyebaran penyakit, dengan menyatakan bahwa mereka “akan melihat kemungkinan pembatasan lebih lanjut impor virus dari Inggris” dengan anggota lain dari blok tersebut “dalam beberapa hari mendatang.”

Langkah itu dilakukan tak lama setelah Johnson secara efektif membatalkan Natal bagi mereka yang tinggal di London, Tenggara dan kota Peterborough, menempatkan area di bawah apa yang disebut pembatasan Tier 4. Penduduk yang terpengaruh oleh rencana tersebut telah dilarang untuk “bergaul dengan siapa pun di luar rumah mereka sendiri saat Natal” , dengan Johnson mengatakan bahwa ketegangan baru yang sangat ditakuti adalah penyebab dari aturan larangan pergi.

Namun, saat ini tidak ada bukti bahwa virus itu lebih mematikan atau lebih kebal terhadap vaksin daripada versi virus sebelumnya.

Tindakan yang ditujukan untuk mencegah perjalanan sejauh ini memiliki efek sebaliknya. Rekaman menunjukkan stasiun kereta London dibanjiri penumpang, berharap bisa naik gerbong terakhir untuk melarikan diri dari zona Tier 4 sampai tenggat waktu tengah malam hari Minggu.

Komentar