Cina, India, Rusia, Iran Dalam Latihan Angkatan Laut Samudra Hindia

Jurnalpatrolinews – Teheran : Angkatan Laut India telah bergabung dalam latihan di Samudra Hindia utara bersama kapal-kapal dari China, Rusia, dan Iran.

Kapal permukaan dari India terhubung dengan unit dari Rusia dan Republik Islam Iran dan Korps Pengawal Revolusi.

Latihan kedua yang melibatkan angkatan laut Rusia dan kedua pasukan Iran sejak Desember 2019 itu digelar di Laut Arab dan Teluk Oman.

Komandan Angkatan Laut Republik Islam Iran Laksamana Muda Hossein Khanzadi mengatakan Angkatan Laut India ikut latihan. Dia mengatakan latihan keamanan maritim gabungan dengan partisipasi negara-negara di kawasan dan dunia telah menjadi agenda Iran sejak 2019.

“Kali ini … Angkatan Laut Rusia ikut latihan dan Angkatan Laut India dijadwalkan untuk bergabung dalam latihan keamanan laut gabungan,” tambahnya.

“India adalah salah satu angkatan laut terkuat di kawasan itu. Kehadiran angkatan lautnya dalam latihan itu sangat penting bagi India dan Iran.”

Khanzadi mengatakan latihan itu “berarti arogansi global yang hadir di kawasan itu hingga hari ini harus menyadari bahwa ia harus meninggalkan kawasan itu.

“Latihan di Samudra Hindia bagian utara bertujuan untuk mencapai keamanan dan partisipasi kolektif, kata Khanzadi. Angkatan laut China “bergabung dengan … angkatan laut Republik Islam Iran” dalam latihan Desember 2019.

Khanzadi mengatakan kapal-kapal China akan bergabung dalam latihan tersebut setelah Tahun Baru Imlek berakhir.

“Tujuan keseluruhan dari latihan ini adalah untuk mencapai keamanan kolektif di tingkat regional yang akan membantu mempertahankan keamanan di Samudera Hindia bagian utara secara berkelanjutan untuk kepentingan para pemangku kepentingan,” kata Khanzadi.

Analis militer mengatakan Iran telah meningkatkan latihan ketika negara itu berusaha menekan Presiden AS Joe Biden untuk memasuki kembali negosiasi nuklir.

(***/.btimes)

Komentar