Di Tengah Gelombang PHK, Gaji CEO Google Sundar Pichai Naik jadi Rp 3,3 Triliun

JurnalPatroliNews – Jakarta – Era digital saat ini membuat raksasa teknologi seperti Google Alphabet Inc. berkuasa. Terlihat dari tingginya harga saham Google, yang mendorong kenaikan gaji sang CEO.

CEO Google Alphabet Sundar Pichai dilaporkan mengalami kenaikan gaji untuk tahun 2022 menjadi 226 juta dolar AS atau setara dengan Rp 3 triliun. Kenaikan gaji Pichai didorong oleh hibah saham tiga tahunan, yang membuatnya menjadi salah satu pemimpin perusahaan dengan bayaran tertinggi di dunia.

Dimuat Al Arabiya, penghargaan saham yang diterima Pichai mencapai 218 juta dolar AS. Sementara sisanya, ia menerima 6,3 juta dolar AS sebagai tunjangan pada tahun 2021, dan gaji pokok sebesar 2 juta dolar AS yang tidak berubah selama tiga tahun terakhir.

Pada tahun 2022, saham Google sempat merosot 39 persen. Namun mereka kembali bangkit pada 2023, dengan naik 19 persen sejauh ini.

Angka fantastis yang didapat Pichai menjadi topik sensitif bagi industri teknologi, khususnya ketika banyak perusahaan teknologi dan startup terpaksa gulung tikar atau mem-PHK karyawannya.

CEO Apple Inc. Tim Cook bahkan harus memangkas gajinya pada tahun 2023 setelah menuai kemarahan karena menghasilkan 100 juta dolar AS masing-masing dalam dua tahun terakhir.

Gelombang PHK juga turut menyapu Google. Pada Januari, Google Alphabet mulai memangkas sekitar 12 ribu pekerjaan atau 6 persen dari tenaga kerja globalnya untuk mengurangi pengeluaran.

Komentar