Empat Tentara Amerika Tewas Dalam Ledakan Di timur Laut Suriah

  • Whatsapp

Jurnalpatrolinews – Hasakah : Empat tentara Amerika tewas akibat ledakan bom di pedesaan provinsi Hasakah di timur laut Suriah, lapor kantor berita resmi negara Arab itu.

Tentara Amerika tewas setelah kendaraan mereka menjadi sasaran alat peledak di dekat desa Markadeh di jalan Hasakah-Dayr al-Zawr, SANA melaporkan hari Minggu.

Bacaan Lainnya

Insiden itu terjadi ketika pasukan sedang melakukan perjalanan antara pangkalan Al-Shaddadi dan Al-Omar yang diduduki AS, menurut ASB News.

Setelah ledakan tersebut, pasukan AS menutup daerah tersebut di tengah penerbangan pesawat tempur Amerika di daerah tersebut, SANA melaporkan.

Laporan itu juga mengatakan seorang penerjemah termasuk di antara para korban, yang dibawa ke pangkalan al-Shaddadi di pedesaan Hasakah.

Laporan lain mengklaim serangan bom itu diduga dilakukan oleh Daesh.

Sebuah koalisi militer pimpinan AS telah membombardir apa yang diklaimnya atas posisi ISIS di Suriah sejak September 2014 tanpa izin dari pemerintah Damaskus atau mandat PBB.

Sejumlah besar pasukan Amerika juga beroperasi di wilayah Suriah timur dan timur laut. Sementara AS mengklaim pasukannya di Suriah membantu militan SDF Kurdi sekutu dalam pertarungan mereka melawan ISIS, ada banyak bukti yang menunjukkan AS ada di sana untuk menjarah sumber daya minyak Suriah.

Bulan lalu, terungkap bahwa militer AS telah menggunakan puluhan truk tangki untuk menyelundupkan minyak mentah dari provinsi Hasakah di timur laut Suriah ke Irak barat.

Kantor berita resmi Suriah SANA, mengutip sumber-sumber lokal, melaporkan bahwa konvoi 37 kapal tanker meninggalkan Suriah melalui perbatasan al-Walid dekat kota al-Ya’rubiyah pada akhir Oktober, dan menuju ke wilayah Irak.

Sumber tersebut menambahkan bahwa beberapa kendaraan lapis baja milik militer AS dan militan yang berafiliasi dengan apa yang disebut Pasukan Demokratik Suriah (SDF) mengawal konvoi sampai tiba di perbatasan.

Penjarahan minyak Suriah oleh AS telah dikonfirmasi selama sidang dengar pendapat Senat antara Senator Republik Carolina Selatan Lindsey Graham dan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo pada akhir Juli.

Presiden AS telah lebih dari sekali mengakui bahwa pasukan militer Amerika berada di Suriah untuk minyak negara itu.

Tiga tewas dalam ledakan Hama

Dalam ledakan lain, tiga anggota “tim teknisi” yang berafiliasi dengan “polisi Al-Bab” di pedesaan timur laut Aleppo tewas dalam ledakan IED, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia melaporkan.

Insiden itu terjadi di kota Al-Bab yang berada di bawah kendali faksi-faksi yang disebut ruang operasi “Perisai Efrat”.

Pos terkait