Evo Morales: Fidel Castro Mengajari Kami Mempertahankan Kemerdekaan dan Martabat Suatu Negara, Kami Tidak akan Melupakannya

JurnalPatroliNews Jakarta – Rakyat Kuba seharusnya tidak melupakan tokoh pejuang revolusi Fidel Castro. Mantan Presiden Bolivia Evo Morales mengenang bagaimana Castro berjuang demi negaranya dan menekankan agar rakyat tidak pernah meninggalkan warisan tokoh pemimpin Kuba itu.

Berbicara pada Forum Virtual Internasional ‘Fidel: Man of Science with a Vision of the Future’, Jumat (13/8), yang diselenggarakan bertepatan dengan peringatan 95 tahun kelahiran Castro, Morales menggambarkan Castro -Panglima Tertinggi Kuba- sebagai orang yang paling mendukung di dunia karena ia membuktikan dengan kebijakan humanisnya bahwa meskipun menjadi negara yang diblokade Kuba bisa terus mendukung  negara-negara lain.

Morales mencatat Fidel adalah bagian dari kekuatan libertarian Amerika. Sosialisme yang diterapkan Fidel Castro di Kuba di bawah kebijakan anti-imperialisme adalah warisan terbaik yang dia tinggalkan untuk generasi baru.

“Dia mengajari kami untuk mempertahankan kemerdekaan suatu negara, martabat suatu bangsa, dan kami tidak akan pernah melupakan itu,” ujar Morales.

“Penghormatan terbaik kami pada tanggal ini adalah untuk tidak meninggalkan warisan besarnya, yaitu untuk mencapai pembebasan rakyat Amerika Latin dan dunia,” ujarnya.

Komentar