Forum GBC ke-43 Bakal Perkuat Peran KK SOSEK Malindo

JurnalPatroliNews – Jakarta – Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal ZA meyakini pertemuan General Border Committee (GBC) ke-43 bakal memperkuat peran Kelompok Kerja (KK) Sosial Ekonomi (SOSEK) Malaysia-Indonesia (Malindo). Hal itu disampaikan Safrizal saat menghadiri forum GBC ke-43 di Jakarta, Kamis (12/10).

Pertemuan GBC Malindo merupakan forum tahunan yang digelar sebagai sarana memfasilitasi dialog kedua negara, khususnya dalam memajukan interaksi kerja sama di wilayah perbatasan. 

“Dalam agenda GBC ke-43, Menhan Malaysia dan Menhan RI pada prinsipnya menyinggung peran SOSEK Malindo dalam penguatan pertahanan dan bina kewilayahan sesuai dengan tugas Bina Adwil,” kata Safrizal.

Safrizal yang juga Ketua KK SOSEK Indonesia menyampaikan apresiasi atas capaian kerja sama SOSEK Malindo selama ini. Kolaborasi yang terjalin itu diyakini telah memperkuat kerja sama bilateral Indonesia-Malaysia di bidang sosial-ekonomi di kawasan perbatasan, salah satunya dalam hal fasilitasi perdagangan dan aktivitas ekonomi.

“Dalam pertemuan pada 10 Agustus 2023 di Malaysia, Kelompok Kerja Sosial Ekonomi membahas solusi terbaik dalam menghadapi setiap permasalahan di wilayah perbatasan kedua negara sekaligus upaya meningkatkan kerja sama sosial ekonomi kedua negara,” ungkapnya.

Safrizal menyebutkan, pada persidangan sebelumnya telah dilakukan evaluasi laporan kemajuan bersama forum-forum di bawah GBC, baik di bidang operasi maupun non-operasi. Hal ini juga termasuk hasil-hasil dari pertemuan kelompok kerja yang salah satunya adalah KK SOSEK Malindo.

Komentar