Event Car Pertama Kolaborasi Antara Penyelengara Event Dengan Pabrikan

JurnalPatroliNews – Jakarta – Kesuksesan penyelenggara dalam menghadirkan Indonesia Diecast Expo ke-9 pada tahun 2022, menjadi baromoter baru untuk menyuguhkan event yang lebih besar dengan mengusung konsep baru guna menarik banyak pelaku pasar, pengkolektor serta komunitas mainan miniatur di Indonesia.
 
Hal ini juga berkaitan dengan perkembangan industri tersebut karena menurut Asosiasi Importir & Distributor Mainan Indonesia (AIMI), saat ini potensi industri diecast masih sangat bagus di mana dari segi pelanggan masih didominasi oleh anak-anak dan hal ini diyakini akan terus bertambah sehingga kehadiran pameran IDE dapat menjadi sarana untuk pertumbuhan industri mainan di Indonesia.
 
Untuk mengakomodir exhibitor dan pengunjung pameran yang kian bertambah, penyelenggara telah memutuskan lokasi pameran masih akan dilangsungkan di Indonesia Convention Expo (ICE) BSD, Tangerang. Terkait pelaksanaannya, IDE 2023 akan digelar pada 28-29 Oktober 2023.
 
Demi memudahkan pengunjung yang ingin datang ke pameran tersebut, mereka bisa melakukan pemesanan tiket terlebih dahulu melalui e-commerce Tokopedia dan nantinya calon pengunjung akan mendapatkan e-tiket yang bisa digunakan untuk masuk ke area pameran. Selain itu, bagi 2.500 pengunjung pertama Indonesia Diecast Expo 2023 setiap harinya bisa mendapatkan diecast Hot Wheels yang akan diberikan secara cuma-cuma.
 
“Sejak kehadirannya pertama kali, Indonesia Diecast Expo tidak hanya berhasil menjadi sebagai sarana pertemuan bagi pecinta mainan minatur tersebut. Namun, seiring berjalannya waktu event ini juga sukses menjadi salah satu pameran diecast terbesar dan terlengkap di dunia lewat beberapa suguhan menariknya,” ujar Arya Lembana, Ketua Penyelenggara Indonesia Diecast Expo 2023.
 
Menginjak usianya yang ke-10 tahun, aktivitas serta beragam acara pendukung sudah dipersiapkan dengan lebih menarik untuk menyambut para pengunjung pameran. Hal ini tentu menjadi salah satu bentuk komitmen dari Indonesia Diecast Expo (IDE) agar industri mainan miniatur dan diecast ini semakin menunjukkan kelasnya dan tidak hanya dikenal sebagai mainan semata.
 
Sebagai salah satu bentuk dukungan Indonesia Diecast Expo terhadap perkembangan industri mainan di Indonesia ditengah dominasi merek-merek luar negri maka pada penyelengaraan tahun ini terdapat 2 merek lokal yang diharapkan lebih dikenal oleh publik yaitu RollSpeed dan SHP Toys.
 
Dengan adanya kehadiran Indonesia Diecast Expo, meskipun saat ini persentase market share industri mainan antara produk lokal dan import masih di kisaran 30 persen dan 70 persen, namun saat ini sudah ada beberapa pelaku usaha yang membuka jaringan produksi lokal serta ditambah adanya investor di ranah tersebut.
 
Melalui event tersebut, diharapkan para UMKM mainan yang ada di Indonesia, bisa memberikan produk terbaiknya untuk ditampilkan melalui gelaran Indonesia Diecast Expo di mana ini menjadi satu-satunya pameran miniatur mainan terbesar di Indonesia.

Adapun aktivitas spesial yang nantinya akan dihadirkan untuk memberikan semarak pameran, penyelenggara telah menyiapkan serangkaian kegiatan di antaranya adalah :
– Hot Wheels : Special IDE X Event Car yang berkolaborasi dengan Mattel dan Hot Wheels, launching New Exclusive Hot Wheels Promo Car serta showcase dari mobil pemenang Hot Wheels Legends Tour Indonesia 2023.
– Siku, Kidz Station & Lego : Diskon hingga 70% dan spesial Gift With Purchase.
– MINI GT : Special Event Car yang secara eksklusif hanya dapat dibeli di IDE X.
 
Salah satu suguhan berbeda dari gelaran Indonesia Diecast Expo adalah hadirnya Galeri Diorama, di mana area ini merupakan area khusus yang menampilkan ragam diorama khas Indonesia.

Dengan hadirnya area tersebut, hal ini menjadi sebuah komitmen dari penyelenggara untuk mendukung industri kreatif yang menjadi bagian dari industri mainan miniatur.

Komentar