Gempa M 7,5 Guncang Jepang, Biden Respon dengan Tawaran Bantuan!

JurnalPatroliNews – Amerika Serikat – Pasca gempa bermagnitudo 7,5 mengguncang Jepang dan menimbulkan tsunami serta merusak bangunan, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyampaikan tawaran bantuan kepada negara sahabat tersebut. Dalam pernyataannya, Biden menekankan ikatan persahabatan yang kuat antara AS dan Jepang.

Sebagai sekutu dekat, Amerika Serikat dan Jepang memiliki ikatan persahabatan mendalam yang menyatukan rakyat kita,” kata Biden dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir AFP, Selasa (02/01/24).

Biden memastikan bahwa pihak AS telah berkomunikasi dengan otoritas Jepang dan bersedia memberikan segala bantuan yang diperlukan.

“Pemerintahan saya berhubungan dengan para pejabat Jepang, dan Amerika Serikat siap memberikan bantuan apa pun yang diperlukan bagi rakyat Jepang,” katanya.

4 Korban Tewas

Informasi dari Kantor Berita Kyodo melaporkan bahwa empat orang tewas akibat gempa tersebut, dengan prefektur Ishikawa menjadi wilayah terdampak. Gempa magnitudo 7,5 yang melanda sisi Laut Jepang di pulau Honshu pada hari Senin (01/01/24) juga mengakibatkan gelombang tsunami setinggi lebih dari satu meter, menghancurkan rumah-rumah, dan memicu kebakaran besar.

Pejabat setempat melaporkan bahwa dua orang lainnya mengalami luka parah sebagai dampak dari gempa yang melanda tersebut. Situasi ini menuntut kerjasama antar-negara untuk memberikan bantuan dan dukungan bagi korban dan upaya pemulihan di Jepang.

Komentar