Houthis : Rudal Membombardir Fasilitas Saudi Aramco

Jurnalpatrolinews – Sana’a : Pemberontak Houthi Yaman menembakkan rudal ke sasaran Saudi hari Minggu, menurut pernyataan resmi, dengan raksasa energi Saudi Aramco diserang.

Juru bicara Houthi mentweet bahwa 14 drone dan delapan rudal balistik menargetkan Saudi Aramco di Ras Tanura dan target militer di kota Dammam, Asir dan Jazan.

Kementerian energi Saudi mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dirilis ke Saudi Press Agency bahwa “pecahan peluru dari rudal balistik jatuh di dekat daerah pemukiman Saudi Aramco di kota Dhahran, tempat ribuan karyawan perusahaan dan keluarga mereka dari berbagai negara tinggal.”

Saudi tidak menyebut Houthi sebagai yang bertanggung jawab atas serangan itu, meskipun itu mengikuti eskalasi baru-baru ini antara pasukan koalisi pimpinan Saudi dan Houthi yang didukung Iran, terutama di wilayah Marib yang kaya minyak.

Sebelumnya pada Minggu, angkatan udara Arab Saudi menyerang sasaran di Sana’a, ibu kota Yaman di bawah pendudukan Houthi, menyusul serangkaian pesawat tak berawak yang menurut Riyadh jatuh pada pagi hari .

“Salah satu area tangki minyak di Pelabuhan Ras Tanura di Wilayah Timur, salah satu pelabuhan minyak terbesar di dunia, pagi ini diserang oleh pesawat tak berawak,” kata pernyataan itu.

“Pesawat tak berawak yang menyerang dari laut dihancurkan dan dijatuhkan sebelum mencapai targetnya,” kata kementerian pertahanan Saudi kemudian, “dan rudal balistik yang menargetkan fasilitas Aramco di Dhahran juga dihancurkan.”

Kementerian pertahanan mencatat bahwa permusuhan itu melawan “tulang punggung ekonomi dunia, pasokan minyak, dan keamanan energi global”.  (***/. dd – 124nws)

Komentar