‘Insya Allah, Kita Pergi ke Bulan’ : Turki Mengumumkan Misi 2023

Jurnalpatrolinews – Ankara: Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan meluncurkan program luar angkasa 10 tahun yang ambisius untuk negaranya pada hari Selasa yang mencakup misi ke bulan, mengirim astronot Turki ke luar angkasa dan mengembangkan sistem satelit yang layak secara internasional.

Erdogan mengumumkan program tersebut, dipandang sebagai bagian dari visinya untuk menempatkan Turki dalam peran regional dan global yang diperluas, selama acara televisi langsung yang dipenuhi dengan efek khusus.

Dia mengatakan Turki berencana untuk membangun “kontak pertama dengan bulan” pada 2023, ketika negara itu menandai seratus tahun berdirinya republik Turki. Tahap pertama dari misi tersebut akan “melalui kerjasama internasional,” sedangkan tahap kedua akan menggunakan roket Turki, kata Erdogan.

“Tujuan utama dan terpenting kami untuk program luar angkasa nasional kami adalah kontak Republik, di tahun ke-100, dengan bulan,” kata pemimpin Turki itu. “Insya Allah, kita pergi ke bulan.”

Erdogan juga mendeklarasikan tujuan Turki untuk mengirim warga Turki ke luar angkasa dengan kerja sama internasional, untuk bekerja dengan negara lain dalam membangun pelabuhan antariksa dan untuk menciptakan “merek global” dalam teknologi satelit.

“Saya berharap peta jalan ini, yang akan membawa Turki ke liga teratas dalam perlombaan luar angkasa global, akan terwujud dengan sukses,” katanya.

Turki mendirikan Badan Antariksa Turki, atau TUA, pada 2018, dengan tujuan bergabung dengan beberapa negara lain dengan program luar angkasa.

Para kritikus mempertanyakan keputusan pemerintah yang menghabiskan sejumlah besar uang untuk tujuan itu pada saat ekonomi negara sedang menderita. Tetapi para pendukung mengatakan program luar angkasa akan menyediakan pekerjaan bagi para peneliti dan kemungkinan akan mengurangi pengurasan otak para ilmuwan yang beremigrasi.

Erdogan tidak memberikan rincian tentang bagaimana Turki berencana untuk mencapai tujuannya. Bulan lalu, dia dan CEO SpaceX Elon Musk berbicara melalui telepon dan membahas kerja sama teknologi luar angkasa dengan perusahaan Turki. (***/.dt-smh)

Komentar