Jepang Mempertimbangkan Perintah Untuk Mengerahkan Militer Jika China Menyerang Taiwan

Jurnalpatrolinews – Taipei : Jepang sedang menjajaki cara militernya dapat membantu pasukan AS mempertahankan Taiwan jika terjadi serangan oleh China.

Selama pembicaraan dengan Menteri Pertahanan Jepang Kishi Nobuo pada 16 Maret, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin membahas subjek kerjasama AS-Jepang dalam membela Taiwan jika China akan menyerang. Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak sepakat untuk bekerja sama secara erat jika terjadi agresi militer tersebut, namun rincian koordinasi ini belum dibahas, lapor Nikkei Asia .

Dalam pertemuan tersebut, Kishi mencatat peningkatan dramatis baru-baru ini dalam penerbangan pesawat militer China di Selat Taiwan. Dia menekankan perlunya Pasukan Bela Diri Jepang (SDF) untuk berkoordinasi dengan mitranya dari Amerika jika terjadi penyerangan oleh Tentara Pembebasan Rakyat.

Di tengah meningkatnya agresi militer China terhadap Taiwan dan kedekatan Jepang dengan potensi konflik, Tokyo baru-baru ini menilai kelayakan untuk merilis “perintah pengiriman SDF untuk melindungi kapal perang dan pesawat militer AS” jika konflik akan muncul, menurut berita tersebut. situs.

Setelah pertemuan tersebut, kedua negara mengeluarkan pernyataan panjang di mana mereka menyatakan bahwa mereka tidak akan mentolerir “perilaku destabilisasi” China. Deutsche Welle mengutip Go Ito, seorang profesor hubungan internasional di Universitas Meiji Tokyo yang mengatakan bahwa “Kata-kata dari pernyataan ini mengejutkan dalam kekuatannya, terutama dari perspektif Jepang karena Tokyo pada umumnya lebih memilih untuk mengambil pendekatan yang lebih halus atau diplomatik.”  (***/. dd-twnnws)

Komentar