Jet Tempur Su-35 Rusia Belum Siap Duel di Udara dengan Pesawat Tempur F-35 AS di Suriah

JurnalPatroliNews – Ankara,– Pesawat Jet TempurĀ  Su-35 milik AU Rusia di Suriah tidak memiliki persenjataan rudal canggih untuk menghancurkan pesawat tempur F-35 Amerika Serikat.

Terlepas dari kenyataan bahwa keunggulan pesawat tempur Su-35S Rusia dianggap sebagai pesawat tempur yang paling mampu lincah bermanuver, diketahui bahwa pesawat Rusia tidak siap untuk bentrokan tempur nyata dengan pesawat tempur F-35 Amerika di Suriah.

Menurut Laporan informasi Situs AviaPro yang melansir berita Kementerian Pertahanan Turki edisi Turki, pada hari Senin, masalah utamanya adalah kurangnya rudal jarak jauh di pesawat tempur Rusia – sebagai gantinya rudal pesawat R-77, Pesawat milik AU Rusia Su-35 hanya dilengkapi dengan Rudal R-27, yang memiliki jangkauan yang jauh lebih pendek dan punya jangkauan tembak hingga 80 km.

ā€œYang tidak biasa dalam penggunaan pesawat tempur Rusia ini adalah bahwa pesawat itu dilengkapi dengan rudal R-27 lama, bukan rudal R-77 yang lebih baru. Ini menunjukkan bahwa masalah dengan R-77 tidak sepenuhnya terselesaikan, dan Rusia, yang tidak dapat mengambil risiko dalam kemungkinan konflik, lebih suka terbang dengan menggunakan rudal tua,” menurut laporan informasi edisi ” Pertahanan Turki “.

Asumsi sebelumnya, jika terjadi konflik antara pihak Amerika dan Rusia di Suriah, Rusia memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk menghantam pesawat tempur Amerika, karena rudal R-77 pada pesawat tempur Su-35 mampu melakukan ini pada jarak hingga 100-120 kilometer, bagaimanapun, dengan kemampuan rudal R-27, kemungkinan duel pertempuran yang berhasil antara Su-35 Rusia dan F-35 Amerika akanĀ  relatif sangat kecil, meskipun pesawat jetĀ  tempur Rusia ini memiliki kemampuan manuver yang tinggi dan mampu menghindari rudal AIM-120 Amerika yang diluncurkan ke arahnya.

(***/Bn)

Komentar