Jet Tempur Su-35 Rusia Belum Siap Duel di Udara dengan Pesawat Tempur F-35 AS di Suriah

Pesawat Jet Tempur  Su-35 milik AU Rusia (Foto.AviaPro)

JurnalPatroliNews – Ankara,– Pesawat Jet Tempur  Su-35 milik AU Rusia di Suriah tidak memiliki persenjataan rudal canggih untuk menghancurkan pesawat tempur F-35 Amerika Serikat.

Terlepas dari kenyataan bahwa keunggulan pesawat tempur Su-35S Rusia dianggap sebagai pesawat tempur yang paling mampu lincah bermanuver, diketahui bahwa pesawat Rusia tidak siap untuk bentrokan tempur nyata dengan pesawat tempur F-35 Amerika di Suriah.

Bacaan Lainnya

Menurut Laporan informasi Situs AviaPro yang melansir berita Kementerian Pertahanan Turki edisi Turki, pada hari Senin, masalah utamanya adalah kurangnya rudal jarak jauh di pesawat tempur Rusia – sebagai gantinya rudal pesawat R-77, Pesawat milik AU Rusia Su-35 hanya dilengkapi dengan Rudal R-27, yang memiliki jangkauan yang jauh lebih pendek dan punya jangkauan tembak hingga 80 km.

“Yang tidak biasa dalam penggunaan pesawat tempur Rusia ini adalah bahwa pesawat itu dilengkapi dengan rudal R-27 lama, bukan rudal R-77 yang lebih baru. Ini menunjukkan bahwa masalah dengan R-77 tidak sepenuhnya terselesaikan, dan Rusia, yang tidak dapat mengambil risiko dalam kemungkinan konflik, lebih suka terbang dengan menggunakan rudal tua,” menurut laporan informasi edisi ” Pertahanan Turki “.

Asumsi sebelumnya, jika terjadi konflik antara pihak Amerika dan Rusia di Suriah, Rusia memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk menghantam pesawat tempur Amerika, karena rudal R-77 pada pesawat tempur Su-35 mampu melakukan ini pada jarak hingga 100-120 kilometer, bagaimanapun, dengan kemampuan rudal R-27, kemungkinan duel pertempuran yang berhasil antara Su-35 Rusia dan F-35 Amerika akan  relatif sangat kecil, meskipun pesawat jet  tempur Rusia ini memiliki kemampuan manuver yang tinggi dan mampu menghindari rudal AIM-120 Amerika yang diluncurkan ke arahnya.

(***/Bn)

Pos terkait